Kasus Darmili Mulai Disidang 21 Agustus

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh menetapkan jadwal sidang perdana kasus dugaan korupsi mantan bupati Simeulue

Kasus Darmili Mulai Disidang 21 Agustus
SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA
Mantan bupati Simeulue, Darmili ditahan oleh penyidik Kejati Aceh, Senin (29/7/2019). Dia ditahan dalam kasus dugaan korupsi pada Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) tahun 2002-2012 dengan indikasi kerugian Negara Rp 5 miliar. 

BANDA ACEH - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh menetapkan jadwal sidang perdana kasus dugaan korupsi mantan bupati Simeulue dua periode (2002-2012) Drs Darmili, pada Rabu (21/8) mendatang.

Darmili disidang terkait kasus dugaan korupsi pada Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS), dengan nilai kerugian negara Rp 5 miliar dari total jumlah penyertaan modal dari APBK setempat untuk perusahaan itu Rp 227 miliar pada 2002-2012.

Informasi itu disampaikan JPU Kejati Aceh, Umar Asegaf SH kepada Serambi, Sabtu (17/8). "Kita sudah dapatkan informasi, sidang perdana pada Rabu 21 Agustus 2019 dengan agenda membaca dakwaan," katanya.

Dia menyatakan, sidang itu akan dipimpin oleh majelis hakim yang diketuai Juandra SH bersama dua hakim anggota Eti Astuti SH MH dan Elfama Zain SH.

Untuk diketahui, saat ini Darmili ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Banda Aceh yang berada di Kajhu, Baitussalam, Aceh Besar dari Senin, 29 Juli 2019. Dia ditetapkan sebagai tersangka sejak 18 Maret 2016.

Saat dititip di Rutan Banda Aceh oleh penyidik dari Kejati Aceh, Darmili diantar oleh istrinya, Hj Afridawati yang tak lain adalah Wakil Bupati Simeulue. Saat ditahan oleh penyidik, Darmili masih berstatus sebagai anggota DPRK Simeulue aktif.

Saat dalam proses penyidikan, penyidik menyita beberapa aset Darmili seperti rumah dua lantai di Lorong Bahagia, Neusu Aceh, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh dan satu mobil Toyota Fortuner BL 1 ST.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved