Wabup Aceh Besar Pimpin Upacara HUT RI

Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 di Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (17/8), berjalan sukses meriah

Wabup Aceh Besar Pimpin Upacara HUT RI
DOK/HUMAS PEMKAB ACEH BESAR
Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk H Husaini A Wahab, menyerahkan duplikat bendera pustaka untuk dikibarkan pada upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Lapangan Bungong Jeumpa Kota Jantho, Sabtu (17/8) 

JANTHO - Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 di Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (17/8), berjalan sukses meriah. Upacara yang digelar di Lapangan Bungong Jeumpa Kota Jantho, dipimpin inspektur upacara Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk H Husaini A Wahab.

Sebelum upacara dilangsungkan, unsur Forkopimda Aceh Besar, Kepala OPD, Muspika Indrapuri, dan tokoh-tokoh masyarakat melakukan doa, ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan nasional Tgk Chik Ditiro, di Gampong Meureu Lamgeulumpang, sekitar pukul 06.30 WIB.

Pada peringatan HUT ke-74 RI tersebut, bertindak perwira upacara adalah Lettu CHB Ali Rahman (Danramil Kota Jantho), komandan upacara Kapten Kav Angga Lugiana Primadi, Komandan Pasukan Paskibraka Letda Wishnu Amilal Haqi. Selanjutnya pembawa baki pada penaikan bendera Merah Putih yaitu Salsabila Azzahra (Siswi SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy). Sedangkan penggerek bendera masing-masing Harul Tatansia (Siswa SMAN 1 Darul Imarah), Muhammad Muntaza (Siswa SMKN Penerbangan), dan Al Ghifari Ramadhana (Siswa SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy.

Upacara HUT RI itu turut dihadiri unsur Forkopimda, para pimpinan dan anggota DPRK Aceh Besar, kepala OPD, TNI/Polri, pimpinan parpol, pimpinan BUMD/BUMN, para mantan pejabat Aceh Besar, OKP, pelajar, dan tokoh-tokoh masyarakat. Peringatan HUT RI di Lapangan Bungong Jeumpa juga dihibur dengan lomba panjat pinang dan lomba bakiat yang dihadiri ribuan masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Aceh Besar AKBP Ayi Satria Yuddha menjadi inspektur upacara penurunan bendera peringatan HUT ke-74 RI di lapangan Bungong Jeumpa, Sabtu (17/8) sore. Adapun perwira upacara, Iptu Fachrul Razi SKM, komandan upacara yaitu Ipda Rahmad Indrawan SH.

Seusai peringatan HUT ke-74 RI, Wakil Bupati Aceh Besar didampingi Forkopimda menghadiri kegiatan pemberian remisi kepada 177 warga binaan di Rumah Tahanan Negara II-B di Kota Jantho.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati selain membacakan pidato Menkumham RI, juga menyerahkan bingkisan dan sekaligus berpesan kepada warga binaan untuk terus belajar dan menimba ilmu agar kelak saat bebas menjadi warga yang memiliki potensi di tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar, Muhajir SSTP MPA menambahkan, peringatan detik-detik kemerdekaan RI, selain digelar di tingkat kabupaten, juga dilaksanakan di 23 kecamatan di Aceh Besar dan para camat bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan hari bersejarah tersebut di kecamatan masing-masing.

Kegiatan tersebut dihadiri Muspika, para PNS, pelajar, dan tokoh-tokoh masyarakat. "Memeriahkan HUT ke-74 RI ini, Kabupaten Aceh Besar juga mengadakan pawai karnaval, baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan. Kegiatan rakyat ini disambut antusias ribuan warga," jelasnya.

Tadi malam, juga digelar malam resepsi HUT RI ke-74 di rumah dinas Wabup Aceh Besar di Kota Jantho. Dalam kesempatan itu, dilaksanakan pembagian hadiah aneka lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI.(hab/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved