HUT ke 74 RI

Pesona Siswi Belgia di Tengah Pawai Budaya

Ada pemandangan menarik pada pawai budaya dan mobil hias HUT Ke-47 Kemerdekaan RI, di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh

Pesona Siswi Belgia di Tengah Pawai Budaya
SERAMBI/M ANSHAR
PELAJAR DARI BELGIA-Briyana Pelajar asal Belgia yang tengah mengikuti program pertukaran pelajar di SMA 1 Banda Aceh mengikuti Pawai Budaya dalam rangka memeriahkan HUT Ke-74 Republik Indonesia di Banda Aceh, Minggu (18/8/2019). SERAMBI/M ANSHAR 

* HUT Ke-47 Kemerdekaan RI

Ada pemandangan menarik pada pawai budaya dan mobil hias HUT Ke-47 Kemerdekaan RI, di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Minggu (18/8). Kehadiran seorang gadis “bule” dalam barisan peserta pawai budaya dari SMA Negeri 1 Banda Aceh, menyedot perhatian warga.

Gadis berwajah cantik, berhidung mancung, dan wajah selalu penuh senyum, itu memang bule asli. Namanya adalah Bryana Maes (17), siswi asal Belgia, negara tetangga Belanda.

Bryana yang kemarin tampil dengan pakaian adat Aceh dan hijab berada di Aceh karena sedang ikut program pertukaran pelajar ini. Bryana yang berjalan di barisan paling depan kontingen SMA Negeri 1 Banda Aceh, tak henti-hentinya melempar senyum kepada pengunjung, sehingga memperlihatkan sederet gigi putihnya yang tersusun rapi.

Keberadaan Bryana Maes dalam barisan peserta pawai Kemerdekaan RI ini sudah diberitahukan oleh master of ceremony (MC) sebelum peserta pawai bergerak jalan. "Salah seorang peserta dari SMA Negeri 1 ada yang berasal dari Belgia yang sedang mengikuti pertukaran pelajar. Angkat tangannya dek dari Belgia," kata MC memperkenalkan.

Bryana pun mengangkat tangannya sembari tersenyum ke arah pengunjung yang sudah memadati Lapangan Blang Padang sejak pagi. Ketika mulai berjalan, ia masih memperlihatkan senyumnya sambil melambaikan tangan ke arah pengunjung.

Kepala SMA Negeri 1 Banda Aceh, Khairurrazi SPd MPd yang ditanyai Serambi terkait keikutsertaan siswi asing pada pawai kali ini mengatakan Bryana antusias saat pihaknya memberitahu jika akan ada kegiatan pawai budaya dalam rangka peringatan HUT RI. "Ia ikut pertukaran pelajar ke sini (Banda Aceh) ingin belajar dan mengetahui tentang budaya Aceh. Kemarin kami tanya kamu mau ikut enggak ini ada kegiatan pawai budaya, dan dia sangat senang untuk mengikutinya," katanya.

Dikatakan, pakaian adat aceh berwarna merah yang kenakan Bryana dipilih pihaknya, karena sesuai dengan warna kulitnya yang putih. "Tapi tidak pakai secara lengkap seperti pernak pernik, khawatirnya dia enggak sanggup, jadi hanya dipakaikan pakaiannya saja," tambah Khairurrazi.

Bryana yang duduk di kelas XI IPS ini sudah satu bulan lebih berada di Banda Aceh. Ia masih dua bulan lagi ia menyelesaikan program pertukaran pelajar di SMA Negeri 1 Banda Aceh.

Menurut Khairurrazi, Bryana dikenal sebagai anak yang ramah, ceria, dan santun, bahkan saat bersalaman dengan yang lebih tua, ia tak segan untuk mencium tangan. "Dia tampak senang disini, teman-temannya juga welcome semua. Dalam kesehariannya di sekolah untuk bahasa indonesianya ia bisa sepotong-sepotong. Ia menguasai bahasa belanda sebagai bahasa nasionalnya, bahasa perancis, jerman, dan inggris. Tapi bahasa inggris, ia juga tidak begitu mahir," tuturnya.

Pawai budaya dan mobil hias diikuti ribuan pelajar yang dilepas oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman yang juga mengenakan pakaian adat aceh bersama istri, Nurmiaty.

Kepala Dispora Aceh, Darmansyah melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Penilahraga Dispora Aceh sekaligus Ketua Panitia, Saifullah menyampaikan peserta pawai budaya di Banda Aceh diikuti oleh 125 sekolah tingkat SD, SMP, SMA sederajat. Sementara untuk mobil hias yang diikuti oleh SKPA, TNI/Polri sekitar 67 kendaraan.

Para peserta mengambil start dan finish di Lapangan Blang Padang dan mengitari sejumlah jalan protokol dalam Kota Banda Aceh. Untuk pawai budaya rutenya, peserta dari Blangpadang memasuki ke Jalan Sultan Iskandar Muda dan menuju ke arah Pendopo Gubernur.

Di depan pendopo, para peserta disambut oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Forkompimda Aceh.(una)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved