Ratu Balqis, Andalan Pidie di MTQ

GADIS cilik yang bernama lengkap Ratu Balqis Zatuddin merupakan qariah asal Gampong Gong Mukim Gigieng, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie

Ratu Balqis, Andalan Pidie di MTQ
SERAMBINEWS.COM/NUR NIHAYATI
Ratu Balqis 

GADIS cilik yang bernama lengkap Ratu Balqis Zatuddin merupakan qariah asal Gampong Gong Mukim Gigieng, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie. Ditemui pada Selasa (20/8) di sekolahnya, gadis cilik ini terkesan ramah, santun dan murah senyum, namun sesekali tersipu malu untuk mengulas prestasinya yang membanggakan itu.

Dia malah tidak ingat persis berapa jumlah piala dimilikinya, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi malahan tingkat nasional. Sebagai seorang pelajar Balqis tentu punya cerita saat harus terbang ke daerah orang untuk ikut MTQ. "Pertama, memang deg-degan apalagi jauh sama orang tua," kisah dara manis ini.

Putri kedua dari tiga bersaudara , pasangan Abdullah Yasin/Hayatun Nufus, semuanya perempuan dan juga memiliki prestasi serupa di cabang berbeda. Balqis sudah ke tingkat nasional untuk mengikuti MTQ, tetapi dia tetap bersemangat memberi motivasi ke kedua saudara perempuannya.

Pelajar kelas tiga MTs 5  Kota Sigli, Pidie ini merupakan salah satu andalan Kabupaten Pidie dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Aceh ke-34 di Kota Sigli pada 20 September 2019. Balqis akan menjadi peserta cabang tilawah kanak-kanak mewakili Pidie selaku tuan rumah. "Mohon doanya. Saya ingin memberikan yang terbaik untuk Pidie, " ujar Balqis yang bercita-cita ingin menjadi guru Quran ini.

Dia menjelaskan guru mengajinya adalah Ustaz H Zakaria Nurdin di Simpang Tiga dan Nazirah Hasan (juara qari international) dan Hj Nursiah di Tijue. Sehari-hari, Balqis terus mempersiapkan diri untuk mengikuti MTQ Provinsi yang tinggal sebulan lagi.

"Pulang sekolah, saya latihan sama guru ngaji, waktunya diatur sesuai jadwal," ujar gadis berkulit putih ini dengan santun yang lahir pada 7 Oktober 2005 ini. Meskipun Balqis pernah menjadi juara harapan ketiga di STQN tingkat nasional di Pontianak, Kalimantan Barat tapi dia juga harus mempersiapkan  diri dengan matang.

"Persiapan bukan saja mengaji, tapi juga mental dan menghilangkan rasa takut, " tutur gadis berhidung mancung ini dan beralis tebal. Balqis sebelumnya meriah juara dua tingkat Provinsi Aceh di Idi, Aceh Timur. "Waktu dibuat seleksi di Medan, saya berusaha berlatih untuk bisa melewati tes. Alhamdulillah saya lulus dan ini berkat latihan dan usaha serta doa, " ujar Ratu Balqis sembari tersenyum simpul.

Abdullah Yasin, ayah kandung Ratu Balqis memohon doa untuk keberhasilan anaknya. Dikatakan, Balqis sudah ikut lomba ini sejak duduk kelas 3 SD. Ia selalu berpesan supaya anaknya terus belajar mengaji untuk akhirat nanti. Balqis tetap memohon doa agar bisa mengharumkan nama Pidie.(aya)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved