INFO ACEH TIMUR

Pemkab Aceh Timur Gelar Publice Hearing RAD-GDPK

Penyusunan GDPK Aceh Timur, jelas Darwaman dalam rangka pelaksanaan amanat peraturan presiden nomor 153 tahun 2014 tentang GDPK.

Pemkab Aceh Timur Gelar Publice Hearing RAD-GDPK
For Serambinews.com
Pemkab Aceh Timur, gelar kegiatan dengar pendapat (public hearing), terkait penyusuan Rencana Aksi Daerah Grand Desaign Pembangunan Kependudukan (RAD-GDPK) yang diikuti seluruh unsure organisasi perangkat daerah (OPD) di Aula Bappeda Aceh Timur, Jumat (23/8/2019). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – Asisten II Setdakab Aceh Timur, Usman A Rachman, membuka kegiatan dengar pendapat (public hearing), terkait penyusuan Rencana Aksi Daerah Grand Desaign Pembangunan Kependudukan (RAD-GDPK) yang diikuti seluruh unsure organisasi perangkat daerah (OPD) di Aula Bappeda Aceh Timur, Jumat (23/8/2019).

Kepala Bappeda Aceh Timur, Dr Darmawan M Ali ST, MISD, mengatakan, dokumen grand design Pembangunan Kependudukan Aceh Timur, telah disusun berisi kegiatan pembangunan kependudukan Kabupaten Aceh Timur dalam masa 5 tahunan dalam jangka waktu 2015-2035.

Penyusunan GDPK Aceh Timur, jelas Darwaman dalam rangka pelaksanaan amanat peraturan presiden nomor 153 tahun 2014 tentang GDPK.

“Dan Aceh Timur telah mengimplementasikannya melalui Perbup Aceh Timur Nomor 35 tahun 2016 yang merupakan wujud dari kebijakan peningkatan publik dalam penyelenggaraan pemerintahan,” kata Kepala Bappeda Dr Darmawan M Ali ST, MISD, didampingi Kabid Perencanaan Pembangunan Pemerintahan, Amir Syoifuddin, kepada Serambi, Jumat.

Darmawan mengatakan, penyusunan dokumen tersebut menjadi komponen dalam salah satu isu strategis daerah Kabupaten Aceh Timur, yaitu peningkatan good governance dan akuntabel, penyelenggaraan pemerintahan yang aspiratif, partisipatif dan transparan.

“Hal ini juga menunjukkan perhatian serius Pemkab Aceh Timur dalam menghadapi bonus demografi,” katanya.

Baca: Pemkab Aceh Timur Gelar Aneka Lomba untuk Meriahkan HUT ke-74 RI

Baca: Pemkab Aceh Timur Santuni Pasien Luka Bakar dan Bantu Seragam Sekolah untuk Yatim di Lhok Seuntang

Baca: Pemkab Aceh Timur Salurkan 111 Hewan Qurban

Aceh Timur, sebagai daerah yang memiliki komitmen terhadap pentingnya pembangunan kependudukan, kata Darmawan, memandang penting menyusun RAD-GDPK yang penggunaannya dapat menjadi salah satu bahan informasi dalam mengambil kebijakan pembangunan kependudukan.

“Tujuan dari penyusunan RAD-GDPK adalah memberikan arah kebijakan bagi pembangunan kependudukan di Aceh Timur dalam kurun waktu 2017-2022 untuk mewujudkan target pembangunan kependudukan,” jelas Darmawan.

RAD-GDPK yang telah disusun, lanjut Darmawan, berisi aksi-aksi atau kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah secara bersama-sama, yang dalam pelaksanaannya berdasarkan pada 5 aspek kependudukan, yaitu kuantitas penduduk, kualitas penduduk, pembangunan keluarga, persebaran dan mobilitas penduduk, serta administrasi kependudukan.

“Aksi-aksi tersebut berkontribusi untuk pencapaian target setiap aspek GDPK, dengan demikian, pencapaian suatu aspek tertentu juga menentukan keberhasilan dari aspek yang lainnya,” jelas Darmawan, seraya menyebutkan, GDPK telah menjadi isu strategis daerah yang tercantum di dalam dokumen RPJM Aceh Timur 2017-2022.

“Isu ini menjadi komitmen Pemkab Aceh Timur, pada bidang pembangunan kependudukan. Karena itu, Pemkab Aceh Timur mengharapkan dukungan seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan keberhasilan rencana aksi daerah grand design pembangunan kependudukan di Aceh Timur,” harap Dr Darmawan. (*)

Penulis: Seni Hendri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved