Banjir di Bireuen

Banjir Luapan di Peusangan Siblah Krueng Disebabkan Saluran Sempit dan Dangkal

Adapun desa yang mengalami banjir luapan di Peusangan Siblah Krueng yaitu Desa Buket Sudan, Alue Iet, Alue Geulumpang dan Awe Geutah.

Banjir Luapan di Peusangan Siblah Krueng Disebabkan Saluran Sempit dan Dangkal
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Puluhan hektare sawah di Desa Alue Iet, Peusangan Siblah Krueng tergenang banjir luapan juga disebabkan saluran sempit. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Banjir yang terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Bireuen disebabkan saluran sempit dan dangkal.

Bahkan, ada kawasan yang belum ada saluran sama sekali.

Sehingga, ketika hujan deras dari perbukitan air langsung meluap ke rumah rumah warga, sawah maupun badan jalan.

Camat Peusangan Siblah Kreung, Bireuen, Armadi SHi kepada Serambinews.com, Sabtu (24/08/2019) mengatakan, hujan deras sekitar tiga jam lebih, setelah itu air meluncur deras dari celah-celah perbukitan ke halaman rumah warga, tanaman padi bahkan badan jalan seperti sungai, badan jalan ikut tergerus.

Adapun desa yang mengalami banjir luapan di Peusangan Siblah Krueng yaitu Desa Buket Sudan, Alue Iet, Alue Geulumpang dan Awe Geutah.

Dari sejumlah desa tersebut, Buket Sudan lebih parah warga ketakutan dan terpaksa mengungsi ke meunasah setempat menghindari musibah diterjang banjir.

Camat bersama perangkat desa sekitar pukul 09.30 WIB, Sabtu (24/08/2019) melihat secara dekat kawasan terjangan air bah dari perbukitan, akhirnya didapatkan penyebab utama adalah saluran sempit ketika hujan deras saluran penuh air langsung meluap ke badan jalan maupun rumah warga dan sawah.

Selain itu, pada kawasan tertentu belum ada saluran sama sekali sehingga air dengan mudah meluap, solusinya adalah membangun sejumlah saluran di kawasan desa itu sehingga terhindar dari banjir luapan.

Dampak lain, ada puluhan hektar tanaman padi yang mulai mengisi bulirnya di Desa Aluet Iet hingga siang kemarin masih terendam air, selain itu satu unit jembatan darurat di Awe Geutah juga ambruk derasnya air setelah hujan deras.

Halaman
12
Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved