Ketua KP2 Aceh, Targetkan Keluarga Miskin

Tgk Rafshan Yani (32), Ketua Umum Komunitas Pecinta Perubahan (KP2) Aceh menargetkan rumah keluarga miskin yang berada di kawasan pedalaman

Ketua KP2 Aceh, Targetkan Keluarga Miskin
IST
Tgk Rafshan Yani

Tgk Rafshan Yani (32), Ketua Umum Komunitas Pecinta Perubahan (KP2) Aceh menargetkan rumah keluarga miskin yang berada di kawasan pedalaman Pidie Jaya (Pijay) untuk mendapat bantuan. Dia yang akrab dipanggil Abi Muzisab keluar-masuk gampong pedalaman Pidie dan Pijay untuk melihat secara langsung kondisi rumah keluarga miskin.

Dia lebih memilih menjadi sahabat orang miskin, dengan siap memberi bantuan atau santunan lewat lembaga yang dipimpinya. Setiap data yang diperolehnya, langsung disebar ke media sosial, baik Facebook maupun WhatsApp (WA), sehingga dapat diketahui oleh orang banyak.

Dia tidak bekerja sendiri, tetapi sebuah tim yang ditempatkan di 31 kecamatan Pidie dan Pijay. Menurut alumni Mahadul Ulum Diniyah Ismamiyah (MUDI)  Mekar Al-Aziziyyah Kampung Pamahan, Bekasi,  Jawa Barat itu, lembaganya melakukan verifikasi dan beraudiensi dengan  keuchik serta  Muspika untuk menentukan layak atau tidak satu keluarga miskin mendapat bantuan.

Tidak perlu menunggu lama, hanya berselang satu pekan seusai disebar ke medso, dana berhasil dikumpulkan dari para donatur di Aceh, Malaysia, Jakarta dan Jambi. Putra kelahiran Mantak Raya,  Kecamatan Simpang Tiga,  Pidie itu mengatakan untuk membangun sebuah rumah layak huni type 36 m3, dibutuhkan anggaran sekitar Rp 29,8 juta/unit.

Dikatakan, dana itu digunakan untuk pembelian bahan bangunan, seperti atap seng, dinding triplek dan lainnya, karena rumah tersebut dibangun semi permanen, tetapi sudah dapat disebut layak huni.

Dia mengaku telah membangun dua unit rumah milik Kartini di Gampong  Blang Meunasah Tengoh, Kecamatan Kembang Tanjong dengan anggaran Rp 39,7 juta dan Mariani  di Gampong  Busu Kumbang,  Mutiara Timur dengan dana Rp 29,8 juta berupa tipe 36 m2. Kemudian, bedah kamar di Gampong Meunasah Kemangan Mesjid Mutiara milik pasangan Ratna Wati dan Muhammad Hasan untuk hajatan resepsib putrinya,  Maulidar yang segera menikah.

Abi Muzisab mengungkapkan awalnya hanya membantu Muhammadyang didera penyakit gondok dan mengalami serangan saraf bagian atas kepala. Dia mengatakan warga miskin ini meminta agardibantu bedah kamar dengan realiasi Rp 5,7 juta untuk tiga kamar.

Disebutkan, KP2 Aceh ini juga membagikan 100 paket sirup jelang Idul Adha lalu bagi warga miskin di lima Kecanatan, Pidie,  Kembang Tanjong,  Sinpang Tiga,  Mutiara Barat dan terakhir Poh Roh, Kecamatan Bandar Baru  saja pihaknya juga turut menyalurkan  zakat dalam bentuk sedakah dari  donatur Malaysia dan Jakarta.  "Dengan  kekuatan 40 relawan muda tanpa gaji kami berkomitmen besar saling berbagi demi meringankan masyarakat miskin," katanya. (c43)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved