Juara Tilawah yang Juga Guru Dayah

MUTIA RAHMAH (25), tidak asing lagi bagi masyarakat Pidie Jaya. Namanya sudah cukup dikenal karena ia sering tampil pada ajang Musabaqah

Juara Tilawah yang Juga Guru Dayah
IST
MUTIA RAHMAH (25), tidak asing lagi bagi masyarakat Pidie Jaya. Namanya sudah cukup dikenal karena ia sering tampil pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) baik tingkat kabupaten maupun provinsi.

Mutia Rahmah

MUTIA RAHMAH (25), tidak asing lagi bagi masyarakat Pidie Jaya. Namanya sudah cukup dikenal karena ia sering tampil pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) baik tingkat kabupaten maupun provinsi. Anak ke-4 dari 6 bersaudara pasangan Tgk Ibrahim-Fatimah adalah jebolan Al-Hilal Sigli, Pidie, tahun 2017. Selain andalan tilawah tingkat dewasa, Mutia juga guru dayah.

Dalam wawancara khusus dengan Serambi di kediamanannya Gampong Babah Krueng Ulee Gle, Kecamatan Bandardua, Pidie Jaya, Minggu (25/8), Mutia Rahmah menceritakan pengalamannya sebagai peserta tilawah yang sudah beberapa kali juara di tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi. Bahkan, pada ajang Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) Tingkat Nasional di Asrama Haji-Jakarta beberapa tahun silam, ia berhasil mendapat juara pertama. Begitu juga pada MTQ RRI di Banda Aceh.

Pada MTQ Tingkat Kabupaten Pidie Jaya yang kini sudah berlangsung enam kali, Mutia Rahmah selalu berhasil menggondol juara I lomba Cabang Tilawah Dewasa. Keenam kali MTQ yaitu di Meureudu, Trienggadeng, Bandarbaru, Meurahdua, Bandardua, serta Ulim. Sementara MTQ Tingkat Provinsi, yang berlangsung di Nagan Raya dan Idi Aceh Timur, Mutia meraih juara II Cabang Tilawah Tingkat Dewasa. Ia juga akan tampil pada MTQ Provinsi yang akan digelar di Sigli, Pidie, 20-28 September 2019.

Ilmu yang didapat selama mengenyam pendidikan pada Perguruan Tinggi Al-Hilal Sigli, tidak disia-siakan. Mutia juga tercatat sebagai guru pengajian pada Dayah Ummul Quran Gampong Pulo yang kini memiliki 200an santri pria dan wanita. Sementara guru pengajian lebih 20 orang. Sambil mengajar santri, Mutia juga ikut mendalami ilmu agama khusus bidang tilawah. Dayah itu sendiri dipimpin orang tuanya, Tgk Ibrahim yang juga dewan hakim MTQ kabupaten.

Dari enam bersaudara, lima di antaranya termasuk Mutia merupakan peserta tilawah yang tampil pada MTQ. Bahkan abangnya Mukhtariza, pernah meraih juara pertama MTQ Tingkat Nasional tahun 2006 di Palangkaraya, juara pertama hafiz  1 juz di Kendari-Sulawesi Selatan, serta juara I FASI di Yokyakarta. Bagi Mutia Rahmah, tiada hari tanpa memperdalam ilmu agama khususnya bidang tilawah.(ag)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved