Berita Aceh Barat Daya

Cuaca Buruk, Anggota DPRA Meminta Pelayaran Simeulue ke Kuala Bubon Dialihkan ke Labuhan Haji

"Peralihan rute dari Kuala Bubon ke Labuhan Haji, untuk menjaga keselamatan para penumpang," ujar Anggota DPR Aceh, Hendri Yono SSos.

Cuaca Buruk, Anggota DPRA Meminta Pelayaran Simeulue ke Kuala Bubon Dialihkan ke Labuhan Haji
For Serambinews.com
Anggota DPR Aceh, Hendri Yono SSos. 

"Peralihan rute dari Kuala Bubon ke Labuhan Haji, untuk menjaga keselamatan para penumpang," ujar Anggota DPR Aceh, Hendri Yono SSos.

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Anggota DPR Aceh, Hendri Yono SSos meminta kepada pihak pengelola pelabuhan dan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Aceh, agar sementara waktu rute pelayaran ke Pelabuhan Kuala Bubon, Aceh Barat dialihkan ke Pelabuhan Labuhan Haji, Aceh Selatan.

"Peralihan rute dari Kuala Bubon ke Labuhan Haji, untuk menjaga keselamatan para penumpang," ujar Anggota DPR Aceh, Hendri Yono SSos kepada Serambinews.com, Rabu (28/8/2019).

Baca: VIDEO - Menerobos Sungai Ulu Bubu, Menjajal Keperawanan Rawa Singkil
Ia memprediksikan, angin kencang dan cuaca buruk masih berlangsung beberapa minggu ke depan, sehingga sangat beresiko jika kapal KMP Teluk Sinabang berlabuh di Pelabuhan Kuala Bubon.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kejadian kemarin, ada yang harus berlarian untuk turun, sebaiknya rute Simeulue ke Pelabuhan Kuala Bubon, dialihkan saja ke Labuhan Haji. Sampai cuaca normal kembali," pinta anggota DPRA Komisi IV ini. 

Jika tidak, katanya, dikhawatirkan persoalan seperti kemarin akan terjadi kembali, sehingga sangat merugikan para penumpang yang ingin sampai tepat waktu.

"Selain mereka rugi waktu penumpang hingga 8 jam, secara psikologi banyak penumpang masih trauma dengan kejadian kemarin. Maka perpintahan rute sementara adalah solusi," pinta anggota DPRA yang terpilih kembali pada Periode 2019-2024 tersebut.

Baca: Gadis Ini Diperkosa 5 Pemuda di Kamar Kos, Uang Rp 400.000 Milik Korban Ikut Dirampas


Meski begitu, tambahnya, untuk jangka panjang, selaku mitra kerja Dinas Perhubungan Aceh, pihaknya pada APBA 2019 telah menyetujui pembelian tiga unit kapal ferry baru.

Tiga kapal ferry itu, akan melayani penyeberangan Simeulue-Labuhan Haji-Kuala Bubon, dan dua kapal lainnya melayani rute Banda Aceh-Sabang dan rute Pulau Banyak, Singkil.

"Alhamdulillah, kapal ini sudah ada pemenangnya. Kita berharap, dengan adanya penambahan kapal ferry ini, bisa menjawab kebutauan masyarakat dan rute ke Labuhan Haji bisa bertambah," harap politisi PKPI ini. 

Bahkan, ia berjanji akan mengawal pembangunan dan pengadaan tiga unit kapal tersebut, khususnya rute Simeulue Labuhan Haji, Kuala Bubon, sehingga kapal tersebut bisa secepatnya difungsikan dan dinikmati masyarakat. (*)

Baca: Hadapi Babak 12 Besar Liga 3, PSLS Bisa Tambah Enam Pemain Lagi

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved