Rusuh di Papua

Kerusuhan Kembali Pecah di Papua, Jokowi Minta Aparat Keamanan Tindak Tegas Pelaku Anarkisme

Presiden Joko Widodo mengaku sudah menginstruksikan jajaran aparat keamanan untuk menindak tegas pelaku tindakan anarkisme atau rusuh di Papua.

Kerusuhan Kembali Pecah di Papua, Jokowi Minta Aparat Keamanan Tindak Tegas Pelaku Anarkisme
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyampaikan keterangan terkait situasi pasca-pengumuman hasil Pemilu 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/5/2019). 

SERAMBINEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengaku sudah menginstruksikan jajaran aparat keamanan untuk menindak tegas pelaku tindakan anarkisme atau rusuh di Papua.

Begitu juga pelaku tindakan rasialis ke Mahasiswa Papua yang terjadi sebelumnya juga harus ditindak tegas secara hukum.

"Tadi malam saya perintahkan ke Menkolpulhukam bersama Kapolri, Kepala BIN, dan Panglima TNI, untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapapun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkis serta rasialis," kata Jokowi di Purworejo, sebagaimana disiarkan langsung akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/8/2019) malam.

Hal ini disampaikan Jokowi menanggapi kerusuhan di Jayapura, Papua yang terjadi hari ini.

Di sela kunjungan kerjanya, Jokowi mengaku terus mengikuti dan memantau situasi terkini di Papua, khususnya di Jayapura.

"Dan saya juga minta masyarakat tenang tidak meakukan tindakan-tindakan yang anarkis," kata dia.

Jokowi mengingatkan semuanya akan rugi apabila ada fasilitas umum, fasilitas publik, serta fasilitas masyarakat yang sudah dibangun bersama menjadi rusak.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menegaskan bahwa pemerintah akan memajukan Papua, baik lewat pembangunan infrastruktur fisik maupun sumber daya manusia.

"Agar kita semuanya utamanya khususnya mama-mama, pace, mace, anak-anak Papua bisa lebih maju dan lebih sejahtera," kata dia.

Pada kesempatan itu,  Presiden Joko Widodo meminta masyarakat Papua untuk tetap tenang dan tidak melakukan tindakan anarkistis.

Halaman
1234
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved