Nurmiati AR, Sabtu dan Minggu Khusus untuk Warga

Menjadi istri orang nomor satu di Banda Aceh dengan berbagai aktivitas, membuat Nurmiati AR harus pintar-pintar membagi waktu

Nurmiati AR, Sabtu dan Minggu Khusus untuk Warga
SERAMBI/BUDI FATRIA
Istri Wali Kota Banda Aceh, Nurmiati AR. 

Menjadi istri orang nomor satu di Banda Aceh dengan berbagai aktivitas, membuat Nurmiati AR harus pintar-pintar membagi waktu, antara keluarga dan perannya sebagai Ketua Dekranasda dan Ketua PKK Kota Banda Aceh.

Ketika ditemui di Meuligoe Wali Kota Banda Aceh, Kamis (29/8) siang, Nurmiati baru saja menghadiri salah satu kegiatan PKK. Sorenya sudah ada agenda lain yang menantinya. Meski memiliki waktu yang terbatas, ia menyempatkan diri untuk menerima tim Serambi yang menemuinya.

Dibalut dengan pakaian bermotif pucok rebung yang dipadu warna hitam dan kuning, Nurmi terlihat lebih segar, meski sudah menghadiri berbagai acara sejak pagi. "Mulai Senin hingga Minggu itu selalu ada kegiatan Dekranasda dan PKK. Tapi kalau Sabtu dan Minggu khusus untuk warga, seperti menghadiri undangan pesta, sunah rasul, apa sajalah undangan dari warga," tutur Nurmiati tersenyum ramah.

Meski menjadi public figure, ia dan suaminya, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman selalu mengusahakan untuk hadir pada setiap undangan dari warga, baik itu di Banda Aceh maupun Aceh Besar. 

"Terkadang kalau hari Sabtu pernah sampai 15 undangan, dan kita hadiri semua meskipun hanya sebentar saja. Bahkan pernah sampai isya baru selesai kita hadiri semua. Kalau bapak enggak bisa datang, misal ke Jakarta, maka saya wakili," ujar ibu dari enam putra-putri, dan nenek dari tujuh cucu ini.

Menurutnya, menghadiri undangan tersebut sama dengan seperti dimuliakan oleh warga, maka harus dihargai dari setiap undangan itu. "Sekarang bapak dan ibu kan orang tua masyarakat. Jadi otomatis lebih terbuka dengan warga. Selain saat menghadiri undangan, warga juga bisa bertemu langsung di acara car free day atau zikir yang diadakan di Pendopo," kata Nurmiati.

Banyaknya kegiatan yang dilakukannya mulai mendampingi sang suami hingga kegiatannya sebagai Ketua Dekranasda dan PKK, tentu ada waktu yang dikorbannya yaitu kebersamaannya bersama ketujuh cucu tercinta yang tidak maksimal sepenuhnya. Meski demikian, Nurmiati menyempatkannya untuk tetap bertemu meski sebentar dengan cucunya ketika malam hari.

Pada setiap penampilannya dalam berbagai kegiatan, Nurmiati kerap menggunakan pakaian bermotif aceh yang dirancang oleh desainer Dekranasda Kota Banda Aceh. Antaranya ada motif pinto aceh, pucok rebung, dan lainnya. "Kalau menghadiri acara di luar kota, saya selalu tampil dengan baju dan tas motif aceh. Saya suka dengan semua motif-motif aceh, jadi bisa sekalian mempromosikannya juga ke luar daerah," kata Nurmiati.

Ia bercerita, pernah satu ketika dirinya memakai pakaian bermotif aceh ketika menemani suami menerima tamu dari luar negeri. Ternyata motif pakaiannya menarik minat tamu tersebut, dan langsung minta dipesankan. (mawaddatul husna)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved