Berita Luar Negeri

Donald Trump Unggah Informasi Rahasia, Disebut Foto Kegagalan Peluncuran Roket Iran

Para pakar intelijen pun mengatakan Trump mungkin telah mengekspos foto resolusi tinggi yang diyakini diperoleh melalui satelit mata-mata AS

(TWITTER / US PRESIDENT DONALD TRUMP)
Foto yang diunggah Presiden Amerika Serikat Donald Trump melalui akun Twitter miliknya, pada Sabtu (31/8/2019), yang menunjukkan apa yang diklaim sebagai pangkalan peluncuran roket Iran dengan beberapa tanda bekas terjadinya ledakan. 

SERAMBINEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengunggah sebuah foto resolusi tinggi hasil citraan satelit mata-mata AS, yang menampilkan lokasi landasan peluncuran roket Iran.

Foto yang diunggah Trump mirip dengan yang telah tersebar di dunia maya, namun lebih detail dengan resolusi tinggi dan sejumlah keterangan.

Trump pun diduga telah menyebarkan foto yang seharusnya merupakan rahasia negara.

Foto yang diunggah Trump melalui akun media sosial Twitter miliknya, Jumat (30/8/2019), itu menunjukkan dengan jelas apa yang tampaknya seperti sebuah landasan peluncuran roket dengan sejumlah kerusakan akibat ledakan.

Para pakar intelijen pun mengatakan Trump mungkin telah mengekspos foto resolusi tinggi yang diyakini diperoleh melalui satelit mata-mata AS.

Baca: Bisa Bikin Rusak Mata, Begini Cara Meminimalisir Bahaya Sinar Biru dari Layar Gadget

Atau kemungkinan lain, foto tersebut diperoleh intelijen AS yang berhasil mendekati lokasi peluncuran di sebuah pangkalan roket milik Iran.

Adanya pantulan cahaya pada foto yang diunggah Trump menunjukkan bahwa foto itu merupakan tampilan layar yang difoto menggunakan ponsel, yang mungkin dari lingkungan Gedung Putih, saat dilakukannya pengarahan intelijen.

CNBC melaporkan bahwa seorang pejabat pertahanan AS telah mengonfirmasi jika foto landasan peluncuran itu termasuk dalam yang ditampilkan dalam pengarahan intelijen di Gedung Putih, pada Jumat (30/8/2019).

Trump, dalam kesempatan wawancara pada Jumat malam, membela diri dengan mengatakan bahwa dirinya memiliki wewenang untuk merilis foto tersebut.

"Mereka memiliki masalah besar," kata Trump terkait peluncuran roket Iran yang gagal.

Baca: Heboh Kisah KKN Desa Penari, Om Hao Sebut Kisah Asmara Dua Dimensi, Begini Sosok Badarawuhi

Halaman
123
Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved