Tafakur

Hijrah Pola Pikir

Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya, barang siapa menjaga kehormatan dirinya

Hijrah Pola Pikir
IST
Jarjani Usman

Oleh: Jarjani Usman

“Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barang siapa menjaga kehormatan dirinya, maka Allah akan menjaganya dan barang siapa yang merasa cukup, maka Allah akan memberikan kecukupan kepadanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Banyak kisah dari hijrah Rasulullah saw bersama orang-orang muslim yang penting untuk pelajaran hidup.  Termasuk dalam bidang ekonomi yang dicontohkan oleh seorang sahabat Nabi Muhammad.

Ketika hijrah ke suatu tempat baru setelah lari menyelamatkan diri dari daerah tanpa membawa apa-apa, umumnya kita bingung harus melakukan apa.  Tapi tidak dengan sahabat nabi yang bernama Abdurrahman bin Auf.  Beliau langsung mengamati sendiri potensi bisnisnya pada pasar di Madinah.  Tanpa menunggu lama setelah memperoleh ide, beliau langsung mewujudkannya dengan berbisnis di sana dan kemudian maju.

Kisah nyata ini menjadi pelajaran penting bagi kita. Walaupun bukan hijrah secara fisik, kita perlu mengajak diri untuk menghijrahkan pola pikir.  Jangan (selalu) bergantung pada orang lain untuk kebutuhan ekonomi keluarga kita.  Masing-masing orang normal sudah diberikan potensi atau kemampuan besar untuk mencari rezeki.  Kita diharapkan menemukan potensi diri tersebut, mengasah, dan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan diri, keluarga, dan bersedekah.

Tidak sedikit juga pengalaman itu dititipkan melalui orang lain.  Kita dianjurkan untuk bersilaturahmi dengan orang banyak agar bisa memperoleh pengalaman-pengalaman bisnis yang mungkin ada yang cocok untuk kita.  Bila tidak, kita akan menjadi orang yang bertangan di bawah (menerima), sedangkan Allah mengharapkan hamba-hamba-Nya mandiri di jalur halal dan bertangan di atas (memberi).

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved