Breaking News:

Adila Lathifa, Juara MTQ Antar Bangsa

Aceh kembali mengukir prestasi membanggakan dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Antar Bangsa Dunia Melayu Dunia Islam

Editor: bakri
Adila Lathifa, Juara MTQ Antar Bangsa
IST
Adila Lathifa

Aceh kembali mengukir prestasi membanggakan dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Antar Bangsa Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI). Adalah Adila Lathifa, qariah asal Aceh Besar yang kali ini membawa nama Provinsi Aceh meraih juara pertama di event tahunan tersebut.

MTQ Antar Bangsa DMDI tahun 2019 ini berlangsung di Provinsi Banten, Indonesia, 6-8 September. Diikuti oleh 6 negara serumpun, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, dan Laos. Lazimnya, MTQ Antar Bangsa DMDI digelar di Malaka Malaysia, namun dua tahun belakangan event ini digelar di Indonesia.

Perwakilan Aceh selalu mempertahankan tradisi juara setiap kali ikut serta dalam ajang tersebut. Tradisi juara para wakil Aceh dimulai oleh Takdir Feriza yang menyabet juara pertama pada MTQ Antar Bangsa DMDI tahun 2013 silam.

Dua tahun berselang, atau tahun 2015, giliran Mahlil yang mempersembahkan juara kedua. Sementara pada tahun 2018, qari putra Aceh, Ihsan, kembali mengharumkan nama Aceh dengan menyabet juara pertama.

Pada MTQ Antar Bangsa DMDI tahun ini, Aceh mengirim dua orang peserta. Kategori Putra diwakili oleh kafilah asal Aceh Jaya, Novrijal sedangkan kategori putri diwakili oleh kafilah asal Aceh Besar Adila Lathifa.

Adila Lathifa, gadis kelahiran Lamcot, Kecamatan Darul Imarah, Aceh 1 Mei 1997 ini sudah belajar tilawah sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar Negeri 1 Lamcot. Kemampuan itu terus diasahnya ketika duduk di MTsN 2 Banda Aceh, SMK 3 Banda Aceh, hingga saat ini.

“Sejak dulu suka belajar tilawah, pertama sekali belajar sama Ustaz Mahlil, beliau juara 2 DMDI di Malaysia setelah Ustaz Takdir Feriza. Kemudian juga belajar sama Ustaz Fakhri. Sata itu Dila masih SD dan datang seminggu sekali untuk belajar tilawah. Kemudian belajar sama ustaz-ustaz lain, termasuk di IPQAH Masjid Raya Baituurahmah,” kata Adila menjawab Serambi Minggu (8/9).

Mahasiswi Semester VIII Fakultas Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry ini memang berasal dari keluarga qari. Ayahnya, Rasyidin juga seorang qari. Empat saudara kandung Adila juga piawai melantunkan ayat-ayat Suci Alquran.

“Kami ada lima saudara dan lima-limanya bisa tilawah. Cuma yang sering ikut MTQ kami bertiga, yaitu Dila, adik Arifah Rahmatina, dan adik yang terakhir M Arifal Maula,” ujar Dila yang tinggal bersama orang tuanya di Lamcot Darul Imarah.

Adila Lathifa sangat bersyukur atas prestasi yang diraihnya. Ia  mempersembahkan juara ini kepada kedua orang tua, Rasyidin dan Yulidarni, serta para guru dan ustaz yang telah membimbingnya. “Alhamdulillah, Rasa syukur yang tiada henti, bahagia, terharu, karena Dila baru pertama ikut DMDI ini. Dila berterimakasih untuk orang tua dan keluarga besar yang selalu mensupport Dila,” ujarnya.

“Dila juga sangat berterima kasih kepada ustaz/gure-gure Dila yang terus membimbing Dila, memberikan motivasi yang luar biasa, sehingga Dila bisa seperti sekarang. Ini awal dari sebuah kesuksesan, Dila akan terus belajar untuk menjadi lebih baik lagi,” tulis Dila melalui pesan WhatsApp kepada Serambi.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga menyampaikan rasa syukur atas prestasi Adila Lathifa yang mengharumkan nama Aceh di event internasional MTQ DMDI. “Ini menunjukkan bahwa regenerasi dan pembinaan qari-qariah kita berjalan maksimal,” ujar Nova seperti dikutip siaran pers Humas Pemprov Aceh. 

Sementara Kadis Syariat Islam Aceh Dr Tgk Emka Alidar mengatakan, kedua utusan Aceh di ajang MTQ DMDI 2019 ini didampingi oleh Ustadz T Mardhatillah dari Dinas Syari'at Islam Aceh, selaku pelatih dan M Khudri selaku official.(nal)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved