Opini

Mamaknai Akreditasi Sekolah

Satuan pendidikan sekolah/madarasah yang dipersiapkan sebagai sarana terdepan dalam pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran

Mamaknai Akreditasi Sekolah
IST
Dr. H. Ramli Abdullah, M.Pd, Dosen FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, anggota BAN-S/M Aceh

Oleh Dr. H. Ramli Abdullah, M.Pd, Dosen FTK  UIN Ar-Raniry Banda Aceh, anggota BAN-S/M Aceh

Satuan pendidikan sekolah/madarasah yang dipersiapkan sebagai sarana terdepan dalam pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran untuk mengahsilkan generasi masa depan yang terdidik dan berkualitas. Kemajuan dalam bidang sumber daya manusia tidak mungkin diraih dengan begitu saja, melainkan haruslah melalui dunia pendidikan   yang baik dan bermutu. 

Pelaksanaan pendidikan secara formal dilakukan di sekolah/madrasah  dengan mempersiapkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru sebagai pemegang peranan utamanya merupakan inti dari kegiatan pendidikan secara holistik. Diharapkan terbentuknya suatu kerja sama yang baik dan efektif di lingkungan sekolah/madrasah dengan komitmen tinggi dalam menjalin kerja sama menuju pengembangkan sekolah/madrasah dalam berbagai program perbaikan untuk tercapainya tujuan pendidikan yang sesuai target.   

Dalam kaitan dengan fungsi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah sebagai pempinan adaminstrasi, keuangan dan pimpinan pembelajaran  yang profesional akan terlihat dari efektivitas dan efisiensi mutu kenerja dan prestasi belajar dari hasil evaluasi belajar siswa pada  akhir setiap tahun pembelajaran. Dalam hubungan dengan penilaian mutu pendidikan di sekolah/madarasah melalui akreditasi akan tercermin dari hasil dan peringkat akreditasi yang diraihnya.

Pelaksanaan akreditasi 

Problematik mutu pendidikan pada satuan pendidikan disekolah/madrasah saling berkorelasi antara satu faktor dengan faktor yang lainnya dan juga sebagai satu sistem yang saling mempengaruhinya. Bahwa upaya pencapaian mutu pendidikan di sekolah/madrasah melalui pemenuhan standar nasional pendidikan yang meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayan, dan standar penilaian.

Komitmen kepemimpinan kepala sekolah/madrasah melaksanakan standar mutu pendidikan tersebut merupakan tanggung jawabnya untuk meraih mutu pendidikan yang tinggi bagi sekolah/madrasah yang dikelolanya. Pada masa sekarang kemampuan dan kreativitas guru terus berkembang  dalam melaksanakan proses pembelajaran yang kemudian akan berdampak terhadap pengurangan jumlah siswa yang pasif menerima materi pembelajaran dari gurunya. Sehingga di sekolah muncul guru yang aktif dan kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah selama ini oleh Badan Akareditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) adalah untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan (UU No. 20 Tahun 2003). Bahwa akreditasi sekolah/madrasah sebagai suatu kegiatan penilaian dari eksternal   melalui visitasi asesor melakukan klarifikasi, verifikasi data serta informasi yang telah disampaikan sekolah/madrasah melalui pengisian Daftar Isian Akreditasi (DIA) di Sistem Penilaian Akrediatsi Nasional (Sispena).

Penetapan hasil dan peringkat akreditasi yang diraih   sekolah/madrasah dari BAN-SM yang dipublikasikan kepada publik  untuk diketahui tentang keberadaan sekolah/madrasah tersebut    telah terakreditasi, sehingga dapat dinyatakan bahwa lulusannya sebagai produk dari sekolah/madrasah yang telah terjamin mutu pendidikannya (Permendikbud No.13 Tahun 2018).  

Berkaitan dengan peringkat akreditasi yang diraih sekolah/madrasah akan menjadikan sebagai sebuah acuan dengan mengaplikasikan dalam  mengembangkan sekolah/madrasah ke depan dalam pencapaian mutu pendidikan yang tinggi. Tujuan dari akreditasi yang diraih sekolah/madrasah, sebagai berikut: Pertama, sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan dan rencana pengembangannya. Kedua,  sebagai umpan balik dalam pemberdayaan dan pengembangan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan sekolah/madrasah dalam rangka mengimplementasikan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi dan program sekolah madrasah.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved