Berita Aceh Tenggara

BPJS Kesehatan belum Bayar Klaim 3 Bulan, Rumah Sakit Sahudin Kutacane Ajukan Pinjaman ke Bank

Setidaknya sudah tiga bulan jasa medis tidak dibagikan. Ada pegawai yang terpaksa berutang ke sana-sini untuk kebutuhan sehari-hari.

BPJS Kesehatan belum Bayar Klaim 3 Bulan, Rumah Sakit Sahudin Kutacane Ajukan Pinjaman ke Bank

Laporan Asnawi Luwi | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Aceh Tenggara belum membayarkan dana klaim Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Sahudin Kutacane sebesar Rp 12 miliar lebih. Hal ini berimbas terhadap pelayanan dan operasional di RSUD Sahudin Kutacane.

Sekretaris RSUD Sahudin Kutacane, Budi Afrizal SKM MKM, kepada Serambinews.com, Rabu (11/9/2019), mengatakan, dana klaim pasien BPJS Kesehatan di RSUD Sahudin Kutacane belum dibayarkan selama tiga bulan, yakni Mei, Juni, dan Juli 2019, yang mencapai Rp 12 miliar lebih. Rata-rata klaim per bulan selama ini sebesar Rp 4 miliar.

Belum dibayarnya dana klaim BPJS Kesehatan berdampak pada operasional rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara ini. Lambannya pembayaran dana klaim berdampak terhadap ketersediaan obat-obatan, bahan habis pakai (BHP) medis, jasa medis dan paramedis, dan dana operasional RSUD Sahudin Kutacane.

Baca: Iuran BPJS Kesehatan Naik, Buruh Hingga Pengusaha Menolak, Ancam Demo Besar-besaran

Baca: Setelah Iuran BPJS Kesehatan Naik, Tarif Listrik 900 VA Juga akan Naik

Baca: Soal Pembakaran Rumah Wartawan dan Kantor PWI di Kutacane, Ketua PWI Agara Sebutkan Pelakunya Sama

Setidaknya sudah tiga bulan jasa medis tidak dibagikan. Ada pegawai yang terpaksa berutang ke sana-sini untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk antisipasi agar pelayanan kesehatan tidak terganggu, maka Pemkab Aceh Tenggara harus memberikan pinjaman atau dana talangan untuk RSUD Sahudin Kutacane. Memang, diakuinya, mereka juga sedang melobi pihak bank untuk dapat memberikan pinjaman dana talangan.

Tetapi, kata Budi, jika saja Pemkab Agara bisa memberikan dana talangan terlebih dahulu, maka akan lebih baik. Maklum saja, jika meminjam uang ke bank harus mengikuti mekanisme perbankan.

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Said Kamaruzzaman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved