Smile Train Sosialisasi Operasi Bibir Sumbing  

Smile Train wilayah Aceh melakukan sosialisasi operasi bibir sumbing dan celah langit bocor gratis di Pulau Banyak, Aceh Singkil

Smile Train Sosialisasi Operasi Bibir Sumbing   
For serambinews.com
Rahmad Maulizar Koordinator Smile Train Wilayah Aceh, melakukan sosialisasi operasi bibir sumbing gratis di Pulau Banyak, Aceh Singkil, Minggu (15/9/2019). Dok Rahmad Maulizar 

SINGKIL - Smile Train wilayah Aceh melakukan sosialisasi operasi bibir sumbing dan celah langit bocor gratis di Pulau Banyak, Aceh Singkil, Minggu (15/9). Sosialisasi yang dikoordinir langsung Rahmad Maulizar selaku Koordinator Smile Train Wilayah Aceh dilakukan dengan cara mendatangi tempat keramaian di Pulau Banyak.

"Hari ini kita melakukan kunjungan ke Pulau Banyak untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang operasi bibir sumbing gratis. Sosialisasi ini kita lakukan dengan cara membagikan brosur, kartu nama, dan juga memasang spanduk," kata Rahmad Maulizar.

Maulizar menjelaskan, bila masyarakat menemukan penderita bibir sumbing atau hasil operasi bibir sumbing belum rapi, dipersilakan menghubungi nomor kontaknya 081360395730. Operasi bibir sumbing gratis itu, bebernya, dilakukan setiap Minggu di Rumah Sakit Malahayati Banda Aceh. "Operasinya dipimpin langsung spesialis bedah plastik dr Muhammad Jailani SpBP RE-(K) ,dr Mirna Sari SpBP RE, dan dr Samsul Rizal SpB," jelasnya.

Menurut Rahmad, syarat untuk bisa ikut operasi bibir sumbing gratis bayi minimal usia tiga bulan dengan berat badan lima kilogram. “Bila ada di antara warga yang menderita bibir sumbing, kita siap membantu operasi secara gratis. Cukup menyerahkan fotokopi KTP dan KK orang tua,” ucapnya.

Abdya

Sebelum di Pulau Banyak, Smile Train juga sudah duluan melakukan sosialisasi serupa di Abdya, Sabtu (14/9). Saat sosialisasi ini, mereka menemukan bayi dari salah seorang warga kurang mampu di Desa Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie yang menderita bibir sumbing. “Bayi atau anak kedua dari pasangan Salmi dan Safrida ini sudah kita kunjungi ke rumahnya, Sabtu kemarin,” kata Rahmad kepada Serambi, kemarin.

Saat berkunjung, ungkap dia, aambutan kedua orang tua bayi itu sangat baik. Pihak Smile Train pun, ucapnya, sudah menjadwalkan pelaksanaan operasi bibir sumbing bayi itu pada bulan depan, di Rumah Sakit Malahayati Banda Aceh.(de/nun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved