BPBA Alihkan Uang Bencana ke Rekening Forum PRB Aceh

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengalihkan uang yang dikumpulkan untuk korban bencana gempa Lombok

BPBA Alihkan Uang Bencana ke Rekening Forum PRB Aceh
DOK BPBA
Kalak BPBA, Sunawardi menandatangani berita acara serah terima penyerahan sisa uang bantuan korban bencana dengan Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin, Selasa (17/9/2019) sore. 

BANDA ACEH - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengalihkan uang yang dikumpulkan untuk korban bencana gempa Lombok dan gempa-tsunami Palu serta Selat Sunda ke rekening Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh.

Pengalihan sisa dana korban bencana gempa Lombok, Palu, dan Selat Sunda ke rekening Forum PRB Aceh didasari Surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor 950/1578/2019 Tanggal 16 September 2019 tentang Penetapan Penyerahan Sisa Uang yang Dikumpulkan untuk Bantuan Donasi Gempa Lombok, Gempa dan Tsunami Palu, dan Aceh untuk Tsunami Selat Sunda.

Prosesi penandatanganan berita acara serah terima diawali antara Kalak BPBA sebelumnya, HT Ahmad Dadek SH (sekarang Asisten II Setda Aceh) kepada Kalak BPBA saat ini, Ir Sunawardi MSi. Acara berlangsung di Ruang Rapat Asisten II Setda Aceh, Selasa (17/9) sore.

Berita acara serah terima antara HT Ahmad Dadek dengan Sunawardi didasari Surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor 954/1514/2019 Tanggal 6 September 2019 tentang Perubahan Kedelapan Atas Keputusan Gubernur Aceh Nomor 954/1409/2018 tentang Penetapan Pengguna Anggaran/Pengguna Barang, Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran pada Satuan Kerja Perangkat Aceh Tahun Anggaran 2019.

Selanjutnya, Kalak BPBA, Ir Sunawardi MSi dan Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin menandatangani berita acara serah terima untuk penempatan sisa dana tersebut ke rekening Forum PRB Aceh.

Berdasarkan berita acara tersebut, jumlah uang yang dialihkan ke rekening Forum PRB Aceh mencapai Rp 3.637.524.046. Rinciannya,  untuk korban tsunami Selat Sunda (belum direalisasikan) sebesar Rp 296.526.532, sisa uang donasi untuk korban gempa Lombok Rp 384.957.942, dan sisa uang untuk korban gempa-tsunami Palu Rp 2.956.039.572.

Mantan Kalak BPBA, HT Ahmad Dadek didampingi Kadis Sosial Aceh, Alhudri mengatakan, Masjid An-Nur Aceh di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, diresmikan fungsionalnya oleh Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah pada 28 April 2019.

Masjid An-Nur Aceh dibangun kembali dengan dana sekitar Rp 1.850.000.000. Setelah masjid itu diresmikan masih ada dana yang terkumpul mencapai Rp 384.957.942. "Sisa dana ini akan digunakan seluruhnya untuk sejumlah pekerjaan tambahan, seperti pagar, taman, dan lainnya," kata Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin.

Sementara itu Masjid Jamik Nurul Hasanah di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Sulteng yang juga dibangun dengan donasi masyarakat Aceh, dengan rancangan anggaran Rp 3,3 miliar. Saat ini pekerjaan fisik masjid tersebut sudah di atas 30 persen.

"Mengenai bantuan untuk korban bencana tsunami Selat Sunda sedang dijajaki fokus bantuan tersebut dan diharapkan segera bisa disalurkan," demikian Ketua Forum PRB Aceh.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved