Berita Aceh Barat Daya

Hendra Fadhli Minta Bupati Abdya Kembali Bagikan Lahan untuk Korban Konflik, Ini Tujuannya

Anggota DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) , Hendra Fadhli SH, meminta pemerintah melalui dinas pertanahan segera menindaklanjuti surat Pelaksana Tugas...

Hendra Fadhli Minta Bupati Abdya Kembali Bagikan Lahan untuk Korban Konflik, Ini Tujuannya
SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA
Hendra Fadli SH, Anggota DPRK Abdya. 

Hendra Fadhli Minta Bupati Abdya Kembali Bagikan Lahan untuk Korban Konflik, Ini Tujuannya

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Saputra

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Anggota DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) , Hendra Fadhli SH, meminta pemerintah melalui dinas pertanahan segera menindaklanjuti surat Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah terkait penyelesaian lahan pertanian untuk para kombatan dan korban konflik.

"Kami meminta Bupati Abdya dan dinas terkait, segera menindaklanjuti surat gubernur Aceh dengan nomor surat 100/12790 tertanggal 20 Agustus 2019 itu," ujar anggota DPRK Abdya, Handra Fadhli kepada Serambinews.com, Rabu (18/9/2019) melalui siaran persnya.

Menurut Hendra, penyelesaian persoalan lahan ini penting untuk membangkitkan meningkatkan perekonomian Aceh. Selain itu, katanya, penyelesaian lahan itu bentuk keseriusan pemerintah untuk memenuhi komitmen pemerintah RI dengan GAM sebagaimana yang diatur dalam butir 3.2.5 MoU Helsinki.

"Sebagai kepala daerah, Bupati juga perpanjangan tangan otoritas pusat di daerah. Dengan demikian peran Bupati sangat penting dalam memenuhi komitmen MoU Helsinki yang menjadi tanggungjawab Pemerintah," sebutnya.

Untuk itu, politisi Partai Aceh ini, mengajak pemerintah dan dinas pertanahan untuk duduk bersama, untuk tindak lanjut surat gubernur tersebut.

Penulis Pocut Haslinda, Apresiasi Rencana Pemprov DKI Tabalkan Nama Keumalahayati Menjadi Nama Jalan

Simpan Daun Ganja Seperti Telur Gulung, Warga Pining Ini Diamankan Polisi

Aceh Besar Raih Tiga Gelar Juara Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Provinsi Aceh

"Kami sangat apresiasi dinas pertanahan yang sudah melakukan pendataan lahan kosong di Abdya, namun ini harus segera, jangan hanya mendata saja, tanpa ada jadwal pembagian lahannya," tegas mantan koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Aceh tersebut.

Meski begitu, Hendra Fadhli optimis pemkab Abdya bisa menindaklanjuti surat Plt Gubernur Aceh tersebut. Karena, lanjutnya, pada periode pertama Akmal Ibrahim menjabat Bupati Abdya pernah
mendistribusikan lahan perkebunan untuk rakyat secara gratis masing-masing 2 hektare per KK.

"Harus kita akui, tentu masih ada sebagian eks Kombatan, Tapol, Napol dan korban konflik yang belum tercover dengan program distribusi lahan itu. Maka, sudah seharusnya pemerintah menyediakan, lahan untuk anak yatim, korban konflik yang belum pernah menjadi penerima manfaat pembagian lahan dari Pemerintah tempo dulu," pungkasnya.(*)

Banyak Pasien Demam Berdarah di RSUD Aceh Singkil, Bupati Perintahkan Dinkes Lakukan Fogging

Warga Minta Rekanan Pembangunan Jalan di Ranto Peureulak Rutin Siram Badan Jalan agar Tak Berdebu

Program Menurunkan Berat Badan Selalu Gagal? Mungkin 7 Kesalahan Ini Masih Anda Lakukan


Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved