Opini

Keluarga Literer

Keluarga merupakan cerminan sebuah masyarakat. Jika sebuah keluarga cerdas, pasti cerdas pula sebuah masyarakat

Keluarga Literer
IST
Adnan, Dosen Bimbingan Konseling Islam (BKI) IAIN Lhokseumawe, Aceh

Oleh Adnan, Dosen Bimbingan Konseling Islam (BKI) IAIN Lhokseumawe, Aceh

Nyaris seluruh akar persoalan dalam sebuah masyarakat berasal dari tatanan keliru sebuah keluarga. Keluarga merupakan cerminan sebuah masyarakat. Jika sebuah keluarga cerdas, pasti cerdas pula sebuah masyarakat. Maka untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas mesti dimulai dari penataan keluarga secara utuh (holistik) dan menyeluruh (komprehensif).

Solusi kecerdasan sebuah keluarga adalah penataan literasi keluarga. Tanpa penataan literasi keluarga, maka mustahil terwujudnya gagasan memasyarakatkan literasi dalam keluarga. Sebab, dari keluarga litererlah akan lahir masyarakat yang cerdas, sehingga mampu mengurai akar persoalan  masyarakat.

Sebab itu, seluruh elemen berupa pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi kemasyarakatan (Ormas), lembaga keagamaan, tokoh agama dan cendekiawan, harus ambil bagian secara kolektif dalam mewujudkan keluarga literer. Yakni sebuah keluarga yang memiliki kemampuan dalam menggali ide-ide dan gagasan baru (novlty) baik dengan membaca dan menulis (daya baca) maupun visual, semisal adegan dan video. Sebab realitasnya masyarakat Indonesia memiliki kemampuan membaca yang tinggi, tapi rendah daya membaca. Maka survei Unesco tahun 2012 menempatkan Indonesia pada urutan ke 64 dari 65 negara yang diteliti tentang literasi.

Padahal, mayoritas penduduk Indonesia ialah beragama Islam. Idealnya penduduknya memiliki daya baca tertinggi di dunia. Sebab wahyu pertama yang diturunkan Allah swt kepada Nabi Muhammad saw tentang perintah membumikan literasi (Qs. Al-`Alaq: 1-5). Iqra' menjadi simbol amanat Ilahi untuk membumikan literasi baik secara personal maupun kolektif. Maka mewujudkan keluarga literer merupakan bagian dari tipologi manusia takwa, karena mengaplikasikan wahyu pertama dalam Alquran. Sebaliknya, keluarga yang abai terhadap literasi bagian dari tipologi manusia durhaka, sebab abai terhadap perintah Allah swt.

Desain kreatif

Aktivitas literasi keluarga perlu didesain secara kreatif dan inovatif. Bertujuan untuk meningkatkan adrenalin baca-tulis anggota keluarga. Apabila aktivitas literasi keluarga hanya didesain seadanya dan alakadarnya, maka akan sulit mendorong tumbuhnya literasi pada person keluarga.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan yaitu: Pertama, penyadaran literasi. Anggota keluarga perlu mendapatkan pemahaman secara utuh dan komprehensif tentang urgensi literasi. Bahwa literasi merupakan ruh keluarga yang berguna untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernilai ibadah di sisi Allah swt. Artinya, literasi bukan saja perintah konstitusi, tapi juga perintah Ilahi yang mesti diaplikasikan dalam kehidupan pribadi, keluarga dan sosial. Tanpa literasi akan berpengaruh negatif terhadap rendahnya daya saing bangsa.

Kedua, satu rumah satu perpustakaan (one home one library). Perpustakaan memiliki peran penting dalam mewujudkan keluarga literer. Sebab perpustakaan merupakan tempat tersedianya sumber bacaan baik manual maupun digital. Apabila sebuah rumah tidak memiliki ruang perpustakaan akan berefek pada rendahnya daya baca anggota keluarga. Maka urgen untuk mewujudkan satu rumah satu perpustakaan.

Selain itu, untuk mendorong meningkatnya daya baca anggota keluarga, maka ruang perpustakaan harus didesain semenarik mungkin dan dilengkapi beragam bahan bacaan, semisal menempatkan ruang perpustakaan pada lokasi strategis, lengkap bahan bacaan untuk anak-anak (komik, cerpen, novel, alat tulis dan menggambar), perpustakaan berada pada ruang utama agar mudah dijangkau oleh anggota keluarga, menjadikan ruang perpustakaan sebagai lokasi diskusi dan pertemuan keluarga. Dari sana diharapakan dapat mendorong munculnya daya baca anggota keluarga, sehingga lahir keluarga literer.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved