Persatuan Nasional Palestina

8 Kelompok di Palestina Serukan Persatuan Nasional

Kelompok-kelompok Palestina mengumumkan sebuah kesepakatan bersama bertema "visi nasional" yang sesuai dengan perjanjian rekonsiliasi sebelumnya.

8 Kelompok di Palestina Serukan Persatuan Nasional
Wikipedia.org
Kolase Kota Hebron dan peta Palestina dan Israel 

SERAMBINEWS.COM, RAMALLAH - Kelompok-kelompok Palestina mengumumkan sebuah kesepakatan bersama bertema "visi nasional" yang sesuai dengan perjanjian rekonsiliasi nasional sebelumnya untuk mencapai persatuan dengan mengakhiri perpecahan internal.

Kelompok Palestina di antaranya Jihad Islam, Front Pembebasan Rakyat Palestina, Front Demokratis Pembebasan Palestina, Gerakan Inisiatif Nasional Palestina (Al-Mubadara), Partai Rakyat, Komando Umum Front Pembebasan Rakyat Palestina, Partai FIDA dan organisasi As-Sa'iqa mengeluarkan pernyataan tertulis bersama pada Jumat (20/9/2019).

Dalam pernyataan bersama itu delapan kelompok Palestina menyatakan telah melakukan musyawarah yang intensif guna menghidupkan kembali proses rekonsiliasi nasional.

“Kami menawarkan visi nasional untuk mengakhiri perpecahan dan mencapai persatuan, berdasarkan konsensus nasional di Kairo dan Beirut," ungkap pernyataan itu.

Rancangan "visi nasional" itu sudah disampaikan kepada Mesir, Liga Arab, Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Ketua Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh.

Pernyataan itu juga menyebut persatuan nasional sangat penting untuk memulihkan keadaan di Palestina.

Mereka akan menentukan strategi dan tujuan nasional guna melawan penjajahan Israel.

Sejak 2007 Palestina mengalami krisis politik akibat perpecahan antara Hamas dan Fatah.

Pada akhirnya meski kedua pihak telah menandatangani kesepakatan rekonsiliasi di Kairo pada 12 Oktober 2017, namun persatuan yang diinginkan masih belum tercapai.(AnadoluAgency)

Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved