Pelaku UMKM Harus Bangun Jaringan  

Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diminta membangun jaringan guna mengembangkan usahanya

Pelaku UMKM Harus Bangun Jaringan   
FOTO HUMAS PEMKO BANDA ACEH
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, meninjau stand pada Pameran Produk Unggulan UMKM, di Taman Bustanussalatin (Taman Sari) Banda Aceh, Jumat (20/9/2019) sore. 

BANDA ACEH - Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diminta membangun jaringan guna mengembangkan usahanya. Sebab tanpa adanya jaringan atau relasi, maka sulit bagi pengusaha dalam memasarkan hasil produknya.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman saat membuka Pameran Prodduk Unggulan UMKM, di Taman Bustanussalatin (Taman Sari) Banda Aceh, Jumat (20/9) sore.

Pemeran produk UMKM tersebut digelar Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan berlangsung selama tiga hari, 20-22 September 2019.

Wali Kota mengungkapkan, permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM selama ini adalah persoalan pemasaran. Karena itu dia kembali mengimbau kepada para pelaku UMKM, khususnya yang ada di Banda Aceh untuk membangun jaringan, sehingga produk yang dihasilkan bisa dipasarkan. “Tanpa adanya jaringan atau relasi, sangat sulit bagi UMKM untuk memasarkan produk-produknya,” tandas Aminullah.

Pameran produk UMKM yang digelar Pemko, kata Wali Kota, adalah salah satu upaya untuk mengenalkan produk UMKM yang ada di Banda Aceh sekaligus memberi ruang bagi para pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan mitra. “Kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Karena pameran ini juga banyak dihadiri warga dan diapresiasi para konsumen,” tuturnya.

Untuk membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya, Wali Kota akan terus memperbanyak ruang publik seperti car free day (CFD) yang tiap minggu digelar, revitalisasi lokasi wisata Ulee Lheue, dan Krueng Daroy. "Pemko akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk memberdayakan UMKM di Banda Aceh," kata Aminullah.

Selain membangun jaringan, Wali kota juga mengajak para pelaku usaha untuk terus meningkatkan kualitas produk dan membekali diri dengan skill dan manajemen yang lebih baik. "Pemko melalui Disperindagkop terus melakukan pelatihan serta pembinaan kepada para pelaku usaha ini agar terus meningkatkan kualitas, baik dari segi SDM maupun produk. Hal itu tentunya kita lakukan agar produk kita mampu bersaing dalam taraf yang lebih tinggi lagi," pungkas Wali Kota.(aji)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved