Salam

Kitalah Yang Paling Efektif Hindari Kejahatan Online  

Kepolisian Resort Aceh Utara sedang menangani beberapa kasus penipuan secara online yang dilaporkan warga

Kitalah Yang Paling Efektif Hindari Kejahatan Online   
SERAMBINEWS.COM/ RIZWAN
Kapolres Aceh Barat mengadakan konferensi pers penangkapan tersangka judi online di Mapolres setempat, Kamis (19/9/2019). 

Kepolisian Resort  Aceh Utara sedang menangani beberapa kasus penipuan secara online yang dilaporkan warga. Namun, polisi kesulitan karena para pelaku penipuan melalui pesan singkat (SMS) dan akun-akun media sosial seperti Whatsapp (WA) dan Facebook (FB) itu umumnya tedeteksi berada di luar Aceh. Karenanya, polisi berharap masyarakat supaya sangat berhati-hati bila bertransaksi apapun via online.

Korban-korban di Aceh Utara antara lain penjual handphone, guru, pegawai negeri, dan tentara. Salah satu contoh modusnya adalah seperti yang dialami pemilik toko ponsel di Kecamatan Tanah Jambo Aye. Ia menerima pesan singkat yang berisi informasi penjualan Iphone murah dengan alasan cuci gudang. Karena mempercayai info itu, kemudian pemilik ponsel mengirim uang kepada nomor rekening yang diberikan pengirim pesan singkat tersebut. Ternyata, barang yang diterima setelah beberapa hari menunggu hanya kotak kosong.

Selain itu, juga ada beberapa warga yang mendapatkan SMS berisi hadiah mobil. Pengirim SMS meminta supaya mereka yang mendapatkan hadiah mobil mengirim uang untuk pengurusan pengiriman. Namun, setelah uang dikirim, nomor handphone pengirim SMS tersebut tidak aktif lagi. “Kasus yang kita tangani ada beberapa. Masih terkendala karena setelah kita cek pelaku berada di Sulawesi dan Sumatera Selatan,” kata polisi.

Kejahatan melalui telepon, internet atau online sudah terjadi sejak kita semua mengenal media komunikasi yang setiap saat terus berubah dari segi keamanan, kenyamanan, dan kemudahan pemakai. Sebaliknya, para penjahat cyber juga setiap saat memperbarui modus-modus kejahatan untuk memangsa target-targetnya.

Karena begitu banyak orang yang sudah tertipu, dan begitu banyak pula pelaku kejahatan melalui online, sudah banyak saran yang mengemuka terutama dari ahli dan pengamat agar kita terhindar dari kejahatan itu. Antara lain, yang paling penting kita diminta berhati-hati. Misalnya, ketika berurusan dengan kontak bukan dari daftar kontak Anda untuk urusan bisnis atau pribadi, melalui telepon, email, atau situs jaringan sosial, selalu pikirkan kemungkinan terjadinya penipuan. Ingat, bila segala sesuatu terlihat terlalu bagus, kemungkinan itu adalah penipuan.

Ketahui dengan siapa Anda berurusan. Bila Anda hanya bertemu seseorang lewat online dan tidak yakin dengan keabsahan sebuah bisnis, luangkan waktu untuk melakukan sedikit penyelidikan. Lakukan pencarian foto di Google atau cari orang lain yang pernah berurusan dengan orang tersebut.

Jangan buka email atau jendela pop-up yang mencurigakan, langsung hapus. Bila tidak yakin, verifikasi identitas kontak dengan pencarian online. Jangan gunakan detail kontak yang ada pada pesan yang Anda terima.

Berhati-hati ketika berbelanja online. Waspadai tawaran yang sepertinya terlalu menggiurkan dan selalu gunakan layanan belanja online yang Anda tahu dan percaya. Pikir dua kali sebelum menggunakan mata uang virtual, karena tidak memiliki proteksi yang sama seperti metode transaksi lain, yang berarti Anda tidak bisa mendapat uang Anda kembali setelah mengirimnya. Baca artikel kami tentang bisnis online.

Amankan data personal Anda. Berhati-hatilah dengan informasi personal yang Anda bagikan di media sosial. Penipu bisa menggunakan informasi dan gambar untuk membuat identitas palsu atau menjadikan Anda sebagai target penipuan.

Amankan komputer dan alat mobile Anda. Selalu gunakan kata sandi, jangan berbagi akses dengan orang lain, perbaharui software keamanan. Lindungi jaringan WiFi Anda dengan kata sandi dan hindari menggunakan komputer atau hotspot WiFi publik untuk mengakses internet banking atau memberikan informasi personal.

Pilih kata sandi dengan seksama. Pilih kata sandi yang akan sulit ditebak dan perbaharui secara teratur. Password yang kuat harus menyertakan kombinasi huruf kapital dan huruf kecil, angka dan simbol. Jangan gunakan kata sandi yang sama untuk tiap akun, dan jangan berbagi kata sandi dengan siapapun.

Nah, selamat berhati-hati. Sebab,  beberapa penipuan online sangat terorganisir dan meyakinkan, serta orang di baliknya sulit ditangkap, kita perlu melindungi diri sendiri. Tetap update informasi tentang strategi atau modus-modus penipuan terbaru via online.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved