Qiraat Sab’ah dan Tahfiz Banda Aceh ke Final  

Kafilah MTQ Kota Banda Aceh kembali mencatat hasil menggembirakan pada gelaran MTQ ke-34 Tingkat Provinsi Aceh

Qiraat Sab’ah dan Tahfiz Banda Aceh ke Final   
FOTO HUMAS PEMKO BANDA ACEH
Muhammad Ichsan Adnan, peserta dari Kota Banda Aceh tampil di babak penyisihan cabang Musabaqah Makalah Quran (MMQ) MTQ Ke-34 Tingkat Provinsi Aceh, di Sigli. 

BANDA ACEH - Kafilah MTQ Kota Banda Aceh kembali mencatat hasil menggembirakan pada gelaran MTQ ke-34 Tingkat Provinsi Aceh yang digelar di Kabupaten Pidie. Hingga hari kedua pelaksanaan ajang dua tahunan ini, Selasa (24/9), Banda Aceh sudah meloloskan sejumlah peserta ke final dan semifinal.

Dari cabang Qiraat Sab’ah yang digelar di halaman Masjid Besar Labuy, peserta Qiraat Sab’ah Mujawwad Remaja putra Banda Aceh, Fayat Autami, dinyatakan lolos ke final. Tampil dengan Nomor peserta QM 221, dewan hakim memberikan nilai 88,00 untuk remaja asal Ibu Kota Provinsi Aceh ini dan dinyatakan lolos ke final.

Fayat Autami akan tampil di babak final yang direncanakan digelar di arena utama MTQ, Lampeudeu Baroh, Sigli. Di cabang tahfiz, peserta tahfiz 20 juz putri asal Banda Aceh, Urwatul Wusqa, yang tampil di arena SMA Ulumul Quran Pidie, juga lolos ke babak final.

Dari cabang Musabaqah Maqalah Quran (MMQ) yang digelar di Gedung DPRK Sigli, Banda Aceh memastikan meloloskan dua peserta sekaligus ke babak semifinal, atas nama Rial Muharni (MMQ putri) dan Muhammad Ichsan Adan (MMQ putra).

Koordinator Cabang MMQ, Wairzaini Usman menyampaikan, Rial Muharni yang tampil dengan judul makalah “Penguatan Keluarga melalui Partnership dalam Perspektif Alquran dan Sains” mampu mengumpulkan poin 86,5. Sementara, Muhammad Ichsan Adnan dengan judul makalah “Internalisasi Konsep Integritas dalam Mewujudkan Generasi Anti Korupsi” meraup poin 81,5.

Dari cabang syarhil, regu putri Banda Aceh yang tampil pada hari pertama berhasil meraih 88,83. Pelatih cabang Syarhil Quran Banda Aceh, Tgk Zulkarnaini mengatakan sejauh ini dari poin yang diumumkan dewan hakim, perolehan poin regu syarhil putri Banda Aceh masih yang tertinggi dari peserta lainnya.

Syarhil putra juga telah menunjukkan kebolehannya. Membawa syarahan “Zakat, solusi pengentasan kemiskinan”, Muhammad Fazil (pensyarah), Urar Umami (Tilawah) dan Abit Firzatullah (Sari tilawah) mampu tampil mengesankan. Penampilan peserta dari Banda Aceh ini berkali-bekali mendapatkan applaus dari ratusan penonton yang memadati lokasi cabang syarhil di Alun-alun Kota Sigli.

Kadis Syariat Islam Kota Banda Aceh yang juga Ketua Kafilah, Tgk Alizar Usman ikut menyaksikan para kafilah tampil di sejumlah arena. Katanya, dirinya bersukur atas lolosnya para peserta ke babak semifinal dan final. Ia berharap, para peserta dari cabang lain juga mengikuti kesuksesan serupa.(aji)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved