Tim Kemenkes Nilai Puskesmas Aceh Besar

Tim surveyor Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melakukan penilaian di tiga Puskesmas, di Kabupaten Aceh Besar

Tim Kemenkes Nilai Puskesmas Aceh Besar
FOTO/ HUMAS PEMKAB ACEH BESAR
Tim surveior Kemenkes RI melakukan penilaian di Puskesmas Lampupok, Kecamatan Indrapuri, Jumat (27/9/2019) 

JANTHO - Tim surveyor Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melakukan penilaian di tiga Puskesmas, di Kabupaten Aceh Besar. Ketiga Puskesmas yang disurvei, Puskesmas Lampupok Kecamatan Indrapuri, Puskesmas Ie Alang Kecamatan Kuta Cot Glie dan Puskesmas Blangbintang.

Tim Surveyor akreditasi yang dipimpin Dr Fatni Sulani DTM & H MSi, didampingi dua anggotanya, Drg Zaniyar MAP dan dr Ade Dejani bersama Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar Lukman SKM MKes tiba di Puskesmas Lampupok diterima Kepala Puskesmas dr Balqis Susianti dan para pegawai Puskesmas dan masyarakat gampong setempat, Jumat (27/9).

Ketua Tim Akreditasi, Dr Fatni Sulani, menyatakan, tugas tim melihat langsung keadaan Puskesmas secara nyata. Ada tiga hal yang disurvei, yaitu administrasi dan manajemen Puskesmas, upaya kesehatan masyarakat perorangan dan lintas sektoral dalam upaya peningkatan mutu kesehatan serta pelayanan.

Menurutnya, Akreditasi dalam upaya menuju pelayanan berkualitas, perlindungan kepada pasien, payung hukum kepada petugas yang memberikan pelayanan, karena telah bekerja sesuai standar operasional. "Diharapkan tidak akan terjadi malapraktik dan juga bisa menghindarkan kecelekaan pada pasien (pasien safety), dan tujuan utama akreditasi Puskesmas agar masyarakat bisa menikmati pelayanan kesehatan dengan prima serta petugas kesehatan bisa menjalankan tugasnya dengan payung hukum sesuai SOP," katanya.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Aceh Besar, Lukman SKM MKes menyebutkan, Aceh Besar memiliki 28 Puskesmas, dan yang sudah terakreditasi 23. Hanya lima belum terakreditasi yaitu Puskesmas Lampupok, Blangbintang, Ie Alang, Lamteuba dan Pulo Aceh. "Yang sedang proses serentak yaitu Puskesmas Lampupok, Ie Alang dan Blang Bintang. Kita berharap hasil survei yang dilakukan ada satu yang mendapatkan akreditasi paripurna," pungkas Lukman SKM MKes, Plt Kadis Kesehatan Aceh Besar.(hab/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved