Bank Aceh Sosialisasi SP2D Online,  Pidie Yang Pertama  

Bank Aceh Syariah Sigli melakukan sosialisasi Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) sistem online versi 3 PT yang terkoneksi dengan aplikasi

Bank Aceh Sosialisasi SP2D Online,  Pidie Yang Pertama   
IST

SIGLI- Bank Aceh Syariah Sigli melakukan sosialisasi Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) sistem online versi 3 PT yang terkoneksi dengan aplikasi simda keuangan pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie.

Aplikasi SP2D online di Pidie merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Aceh, merupakan pilot project. Kegiatan tersebut dibuka Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Kekayaan Kabupaten Pidie, Mustafa SE MSi, didampingi Pimpinan Bank Aceh Syariah Cabang Sigli, Abi Fakhri HB, di Kantor Kemenag Pide, Kamis (3/10), diikuti 112 bendahara SKPK di Pidie.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Kekayaan Kabupaten Pidie, Mustafa, dalam sambutannya, aplikasi SP2D sistem online sangat penting dalam pengelolaan keuangan daerah setiap SKPK, untuk penataan keuangan.

Juga memperlancar SP2D pada masing-masing SKPK. Ia menyebutkan, jika SP2D sistem online telah dikuasai, maka Surat Perintah Membayar (SPM) tidak menjadi hambatan dan kekeliruan

uang dan proses pem ba yaran keuangan lancar. Untuk itu, jelasnya, peserta harus kosentrasi dan fokus mengikuti kegiatan tersebut yang pemateri dari BPKP Pusat.

“Sistem keuangan terus diperbaharui supaya lancar, dan regulasi keuangan semakin ketat. Mereka yang tidak update akan tergilas dengan waktu. Sehingga SKPK akan berkantung pada

SKPK lain. Maka harus tekun mengikuti kegiatan ini,” jelasnya. Auditor Muda BPKP Pusat, Agus Budi Priyono, kepada Serambi, Kamis (3/10) menjelaskan, implementasi SP2D online yang terkoneksi dengan aplikasi simda keuangan Pemkab Pidie.

Sehingga pemindahan dari rekening RKUDlebih cepat ke rekening penerima atau rekening bendahara. “Kalau sekarang bank kan harus mengimput ulang nomor SP2Dnya, tanggal SP2D dan nilainya yang rawan kesalahan,” jelasnya.

Sebut,Agus, dengan sistem online tidak perlu mengimput ulang data di sinda yang sama dengan bank. Sistem SP2D online direncanakan akan berjalan minggu depan ini. Saat ini masih pada tahapan penyiapan dokumen yang harus dilengkapi untuk live pencairan. “ SP2D sistem online

yang akan diterapkan di Pidiemerupakan yang pertama  dilaksanakan di Aceh dan sebagai pilot project. SP2D sistem online untuk mempercepat transaksi keuangan,” sebut Agus.(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved