Breaking News:

Tari Dampeng, Kesenian Adiluhung Penyambut Tamu Agung

Kesenian tradisional Dampeng selalu menjadi penyambut kedatangan tamu agung ke Kabupaten Aceh Singkil

SERAMBI/DEDE ROSADI
Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid disambut Tari Dampeng saat menghadiri Bursa Inovasi Desa di Kecamatan Suro Makmur, Selasa (1/10/2019). 

Kesenian tradisional Dampeng selalu menjadi penyambut kedatangan tamu agung ke Kabupaten Aceh Singkil. Tarian yang dibarengi syair itu dimainkan secara berkelompok, di mana setiap bait syair yang didendangkan penyair diikuti gerak para penari. Gerak Tari Dampeng membentuk lingkaran, membungkuk serempak lalu berputar dengan gerakan tangan mirip silat. Umumnya Tari Dampeng ditampilkan saat menyambut tamu dan hajatan.

Bukan hanya tamu dari luar daerah, ketika Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid berkunjung dalam acara daerah ke pelosok kampung, kerap mendapat sambutan Tari Dampeng. Ini terlihat ketika Bupati Dulmusrid menghadiri Bursa Inovasi Desa di Kecamatan Suro Makmur, awal pekan ini. Sesaat tiba di lokasi, orang nomor satu di Pemkab Singkil itu pun langsung disambut Tari Dampeng. Uniknya, Bupati Dulmusrid beserta warga lain ikut nimbrung menari bersama. "Kalau sudah ada Dampeng, rasanya pengen saja ikut menari," kata Dulmusrid kepada Serambi, Kamis (3/10).

Tari Dampeng menjadi menjadi pemersatu. Walau lahir dari rahim Suku Singkil, begitu Tari Dampeng ditampilkan maka warga lain pun akan ikut membaur menari bersama tanpa peduli latar belakang mereka.

Kesenian yang telah ditetapkan sebagai ‘Warisan Budaya Nonbenda’ oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI itu terlanjur mendarah daging. Bukan hanya saat kedatangan tamu terhormat dan acara pesta, para orang tua kerap berdendang Dampeng di setiap kesempatan, baik saat duduk menyendiri maupun berutinitas. Bahkan, nelayan untuk mengusir kesepian dan kesendirian di tengah laut pun kerap berdendang Dampeng. "Enak saja berdampeng sambil naik perahu, tidak terasa di jalan," ucap Jamadan, nelayan di Singkil Utara.(dede rosadi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved