Video

VIDEO - Aceh Tamiang Panen Perdana Benih Padi Hasil Penangkaran

Panen perdana ini dihadiri sejumlah pejabat terkait dari provinsi maupun kabupaten, dan sejumlah pengurus KTNA Aceh Tamiang

VIDEO - Aceh Tamiang Panen Perdana Benih Padi Hasil Penangkaran

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Pemkab Aceh Tamiang untuk pertama kalinya di tahun ini memanen benih padi hasil penangkaran di Kampung Rantaupakam, Kecamatan Bendahara, Rabu (2/10/2019).

Panen perdana ini dihadiri sejumlah pejabat terkait dari provinsi maupun kabupaten, dan sejumlah pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Aceh Tamiang.

Tahun ini Aceh Tamiang menanam benih padi di atas lahan 155 hektare dengan hasil produksi 157 ribu kilogram atau rata-rata produktivitas mencapai empat ton per hektare.

Program penangkaran ini sendiri sudah dimulai sejak 2015.

Ketika itu benih padi ditanam di areal lahan 80 hektare dengan hasil produksi 170 ribu kilogram, tahun berikutnya 190 hektare dengan produksi 251 ribu hektare.

Saat ini Aceh Tamiang menjadi salah satu daerah yang berkontribusi penghasil benih padi bersertifikat di Aceh.

Namun dari delapan kelompok penangkar yang ada, cuma tiga yang aktif.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perternakan Aceh Tamiang Yunus, mengatakan sistem pendistribusian harus menggunakan e-katalog.

Ini menyebabkan benih padi yang dihasilkan sulit dipasarkan karena belum adanya distributor lokal yang terdaftar di e-katalog.

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved