Breaking News:

Wisata Alam

Menikmati Burung di Bur Mulo Forest Park, Ini Waktu yang Tepat Bagi Wisatawan

Di lokasi itu tersedia banyak burung endemik Sumatera, seperti "Scheinder Pitta’s, Lesser shortwing, Pigeon," dan lain-lai

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS.COM/foto dok agus nurza
Salah satu burung endemik Sumatera yang terdapat di Bur Mulo Forest Park, Desa Hakim Bale Bujang, Aceh Tengah, dijepret oleh fotografer Agus Nurza, yang juga pemandu wisata melihat burung "Birdwatching" di Aceh Tengah dan Bener Meriah. 

Laporan Fikar W Eda I Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Desa Hakim Bale Bujang (HBB) Aceh Tengah menghadirkan objek wisata baru, Bur Mulo Forest Park, taman hutan wisata, yang menyediakan keanekaragaman flora dan fauna.

Di lokasi itu tersedia banyak burung endemik Sumatera, seperti "Scheinder Pitta’s, Lesser shortwing,
Pigeon," dan lain-lain.

Juga ada hewan seperti "Thomas Leaf Monkey" dan "Red Giant Flying Squirrel" serta terdapat anggrek lokal yaitu "Paphiopedium Bungebelangi."

Lantas kapan sebaiknya wisatawan datang dan peralatan apa saja yang perlu dibawa untuk menikmati sensasi melihat burung di Bur Mulo Forest Park?

Agus Nurza dari komunitas "birdwatching" yang ikut mendesain Bur Mulo Forest Park, menyarankan sebaiknya dipilih pagi hari saat matahari terbit, karena burung relatif aktif untuk bergerak dan mencari makan pada pagi hari.

Baca: Satu Unit Mobil Taft Terguling di Tanjakan Gunung Sikundo, Ini Penyebabnya

Baca: Bupati Bener Meriah Lantik 96 Reje Kampung

Baca: Hujan Guyur Nagan Raya

"Sebaiknya datang pagi. Burung sedang sibuk mencari makan, sangat aktif. Udara juga sedang segar sekali," ujarnya.

Wisatawan yang mau menikmati sensasi melihat burung diminta mempersiapkan peralatan kamera zoom dan teropong binokular.

"Akan tetapi, kalau tidak punya peralatan, tidak masalah, pengelola menyediakan teropong yang dapat disewa wisatawan," kata Agus Nurza, dokter hewan yang sejak lama mendalami wisata burung.

Agus banyak menerima kedatangan para penggemar burung internasional, dan memandu para tamu-tamu penggemar burung tersebut.

"Selain dari luar juga dalam negeri," sambung Agus.

Jadi kalau mau menikmati pesona burung endemik Sumatera, datang ke Bur Mulo Forest Park, sekaligus menikmati alam tanah Gayo yang asri dan terkenal dengan kopi Gayo.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved