Dosen Lebanon Latih Mahasiswa Magister UIN  

Sebanyak 50 mahasiswa dan mahasiswi dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Pascasarjana UIN Ar-Raniry, selama lima hari

Dosen Lebanon Latih Mahasiswa Magister UIN   
DOK HUMAS PASCASARJANA UIN AR-RANIRY
Syech Dr Muhammed Usman bin Usman, Dosen Global University Beirut, Lebanon (tengah) di dampingi Kepala Prodi PBA, Moch Fajarul Falah MA PhD dan Wadir Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Dr Agusni Yahya MA, sedang menyampaikan materi pada pelatihan Internasional Bahasa Arab, Sabtu (5/10/2019). 

BANDA ACEH - Sebanyak 50 mahasiswa dan mahasiswi dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Pascasarjana UIN Ar-Raniry, selama lima hari (1-5 Oktober 2019) mengikuti pelatihan Internasional Berbahasa Arab. Pelatihan yang diisi oleh Syech Dr Mohammed Usman bin Usman Dosen Global University, Beirut, Lebanon, itu digelar di aula gedung pascasarjana setempat.

Wakil Direktur (Wadir) Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Dr Agusni Yahya MA didampingi Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Moch Fajarul Falah MA PhD dalam siaran persnya mengatakan, pelatihan internasional itu merupakan implementasi dari kerja sama yang telah dirintis UIN Ar-Raniry dengan Global University Beirut, beberapa waktu lalu.

Disebutkan, untuk kali ini poin dari kerja sama yang telah diwujud yaitu pelatihan Internasional Bahasa Arab bagi mahasiswa program studi magister (S2), khusus untuk prodi PBA. “Untuk kali ini kita melaksanakan pelatihan berbahasa Arab yang benar bagi mahasiswa PBA, untuk selanjutnya akan diprogram bagi bidang lain,” Agusni Yahya, seraya menambahkan bahwa dalam pelatihan ini juga penting untuk memotovasi mahasiswa untuk mempelajari bahasa Arab yang benar, karena dengan bahasa Arab yang benar akan jadi salah satu cara untuk memudahkan mahasiswa mendalami pengetahuan lainnya secara umum.

Sementara Kepala Prodi PBA Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Moch Jafarul Falah MA PhD menjelaskan, pemateri yang merupakan seorang dosen didatang khusus dari Global University Bairut, Lebanon, ini melatih para peserta berbahasa Arab yang fasih dan benar, juga melatih mahasiswa untuk menulis dan membaca serta muhadasah.

Pelatihan ini juga sebagai proses integrasi keilmuan di UIN Ar-Raniry dan merupakan butir MoU antara UIN dengan Global University Beirut, tentang penguatan Bahasa Arab. Bukan hanya itu sebut Moch Jafarul, butir lain dari perjanjian itu yakni penelitian dan pengabdian masyarakat, yang menurut akan diimplementasikan pada masa-masa yang akan datang. “Ke depan telah kita persiapkan untuk mengirim 4 orang dosen ke Libanon untuk tindak lanjut dari butir-butir dari MoU,” sebutnya.

Selama pelatihan berlangsung, antara pemateri dan peserta terjadi interaksi yang bagus serta terjadi diskusi yang menarik. Bahkan Muhammed Usman bin Usman merasa senang dan mengaku terkesan dalam setiap pertemuan denga mahasiswa dalam ruang pelatihan.(mis)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved