Opini

Literasi ala Mahasiswa di Pantai Indah Naga Permai

Kabupaten Nagan Raya terletak di wilayah barat selatan Aceh. Dari Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh, Nagan Raya dapat dicapai

Literasi ala Mahasiswa di Pantai Indah Naga Permai
IST
MUKHSINUDDIN, S.Ag, M.M., Koordinator Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Meulaboh, melaporkan dari Nagan Raya

OLEH MUKHSINUDDIN, S.Ag, M.M., Koordinator Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Meulaboh,  melaporkan dari Nagan Raya

Kabupaten Nagan Raya terletak di wilayah barat selatan Aceh. Dari Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh, Nagan Raya dapat dicapai dalam waktu lima jam perjalanan darat. Jika naik pesawat terbang dari Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara, ke Bandar Udara Cut Nyak Dhien yang berada di Nagan Raya, waktu tempuhnya hanya satu jam.

Nagan Raya merupakan salah satu kabupaten hasil pemekaran dari kabupaten induknya, Aceh Barat. Setelah pemekaran, banyak sekali pencapaian yang diraih oleh Pemkab Nagan Raya sehingga kabupaten yang masih tergolong muda ini maju pesat.

Saat ini Pemkab Nagan sedang gencar-gencarnya mempromosikan sejumlah tempat wisata kepada warga setempat maupun pelancong dari luar. Salah satu tempat wisata indah yang gencar dipromosikan oleh Pemkab Nagan adalah Pantai Indah Naga Permai.

Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan.  Tidak hanya warga Nagan, tetapi juga pengunjung dari seluruh Aceh. Apalagi lokasinya strategis, berada di tengah-tengah antara Kabupaten Aceh Barat dengan Kabupaten Aceh Barat Daya. 

Pantai ini berlokasi di Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya. Hanya berjarak sekitar 5 km  dari Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya. Letaknya juga berdekatan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya.

Di pintu gerbangnya tertulis: Selamat Datang di Lokasi Pantai Indah Naga Permai Kabupaten Nagan Raya. Tidak sulit untuk menemukan pantai ini jika kita bepergian naik mobil atau sepeda motor dari Kota Banda Aceh. Bagi yang melakukan perjalanan dengan pesawat udara dari Medan, pantai ini pun hanya sekitar 20 menit dari Bandara Cut Nyak Dien, Nagan  Raya.

Pantai Indah Naga Permai saat ini sudah menjadi pilihan penting bagi warga yang ingin berwisata pantai,  karena keindahan alamnya. Selain itu, di tempat ini pengunjung bisa leluasa melihat kapal-kapal berlabuh.

Pada saat weekend atau hari libur nasional pantai ini dipenuhi pengunjung. Bukan saja menikmati panorama alamnya yang indah, pengunjung juga bebas menikmati berbagai kuliner, tak terkecuali aneka jus segar. 

Di tempat ini juga ada kolam renang khusus bagi anak-anak. Juga ada jambo (warung kecil) yang menjual kopi khop , mi aceh, dan jus buah naga. Bahkan dulu pernah ada kebun buah naga (dragon fruit) di sini, sehingga nama pantai ini ditabalkan menjadi Pantai Indah Naga Permai.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved