Berita Aceh Timur

Selain Giat Sosialisasi 18 Perkara Adat, Bupati Rocky Juga Minta MAA Sosialiasi Ketertiban Ternak

Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib SH, meminta Majelis Adat Aceh (MAA) kabupaten setempat agar intensif melakukan sosialisasi kepada ..

Selain Giat Sosialisasi 18 Perkara Adat, Bupati Rocky Juga Minta MAA Sosialiasi Ketertiban Ternak
For Serambinews.com
Bupati Aceh Timur, Hasballah HM Thaib SH. 

Selain Giat Sosialisasi 18 Perkara Adat, Bupati Rocky Juga Minta MAA Sosialiasi Ketertiban Hewan Ternak

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur 

SERAMBINEWS.COM, IDI – Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib SH, meminta Majelis Adat Aceh (MAA) kabupaten setempat agar intensif melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang 18 perkara yang bisa ditangani lembaga peradilan adat tingkat gampong, mukim, sesuai Qanun Nomor 9 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kehidupan Adat dan Istiadat.

Selain itu, Bupati juga meminta MAA melakukan sosialisasi Qanun Nomor 9 Tahun 2012 tentang penertiban hewan ternak kepada masyarakat melalui Muspika mukim, dan keuchik agar peternak tidak sembaran melepaskan ternaknya yang dapat merugikan pihak lain.

Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat pemilik ternak tidak melepas ternaknya sembarangan. Karena, ternak berkeliaran selain mengganggu ketertiban umum, juga dapat memicu konflik di tengah-tengah masyarakat. 

“Karena ada warga yang tidak terima tanamannya dimakan ternak, sehingga beresiko terjadi konflik social. Jika pemilik tanaman mengalami kerugian besar, hal ini sulit diselesaikan oleh peradilan adat di desa, dan berpotensi berlanjut ke proses hukum,” ungkap Bupati Rocky.

Turki Beri Tahu Amerika, Rusia, Jerman, NATO, dan PBB, Tentang Operasi Besar-besaran di Suriah

Marco Giampaolo Pelatih Tercepat yang Dipecat dalam Sejarah AC Milan

Zaki dan Aura Duta Sadar Hukum Lhokseumawe 2019

Dengan dilakukannya sosialisasi diharapkan muncul kesadaran masyarakat agar tidak melepaskan ternaknya sembarangan. 

“Qanun ini bertujuan untuk mewujudkan Aceh Timur, yang bersih, hijau, indah, tertib, melestarikan lingkungan, dan tanaman, yang merupakan program pemerintah dan upaya untuk memulihkan dan menjaga keselarasan ekosistem yang sangat penting untuk mahluk hidup dan alam sekitarnya,” ungkap Rocky.

Bupati juga mengharapkan setiap warga memamfaatkan lahan perkarangan rumah dengan menanam tanaman produktif yang memiliki nilai jual.

Hal ini selain untuk memberdayakan SDM di desa, juga meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Halaman
12
Penulis: Seni Hendri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved