Aceh Besar Seleksi Calon Hafiz Quran 30 Juz Termuda

Pemkab Aceh Besar melalui Dinas Syariat Islam kembali melaksanakan Program Peumulia Hafiz Alquran

Aceh Besar Seleksi Calon Hafiz Quran 30 Juz Termuda
ist
Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali 

KOTA JANTHO - Pemkab Aceh Besar melalui Dinas Syariat Islam kembali melaksanakan Program Peumulia Hafiz Alquran berupa Penganugerahan Penghargaan kepada Hafiz 30 Juz Termuda Kabupaten Aceh Besar Tahun 2019.

Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali kepada Serambi menginformasikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat bagi warga Aceh Besar untuk berlomba-lomba dalam menghafal Alquran, sehingga akan melahirkan masyarakat qurani yang mencintai dan menjaga Alquran.

Bupati Mawardi Ali menegaskan, demi tercapainya tujuan yang diharapkan, pihaknya sudah membentuk satu tim khusus untuk melaksanakan proses seleksi dan penentuan hafiz Alquran 30 juz termuda Aceh Besar melalui proses yang ketat dan bermartabat. (Info selengkapnya, baca pengumuman).

Adapun ketentuan khusus yang ditetapkan, peserta seleksi adalah putra-putri dari Kabupaten Aceh Besar baik secara dejure maupun defacto.

Salah satu dari orang tua (ayah dan ibu) asli Aceh Besar, mampu menghafal Alquran 30 juz, usia termuda (19 tahun) berdasarkan seleksi, (umur maksimal 18 tahun 11 bulan 29 hari dengan ketentuan umur per 30 Oktober 2019/kelahiran 30 Oktober 2000), belum pernah menjadi juara I pada seleksi hafiz 30 juz termuda Aceh Besar pada tahun sebelumnya.

Persyaratan administrasi yang harus dilengkapi adalah fotocopy KK, fotocopy akta kelahiran, dan pasfoto warna ukuran 4x6 cm sebanyak 1 lembar.

Seleksi dilaksanakan dalam satu tahapan berdasarkan nomor urut undian. Peserta seleksi yang tidak mencapai nilai maksimal langsung dinyatakan gugur, metode bacaan dengan sistem tartil/murattal, lama penampilan menjawab lima pertanyaan, penentuan/pengambilan maqra' ketika peserta akan tampil, dan peserta terbaik ditentukan berdasarkan urutan tertinggi perolehan nilai pada saat seleksi.

Dalam ketentuan juga diatur tentang sanksi dan pengumuman yaitu peserta yang tidak memenuhi persyaratan tidak mendapat pengesahan dan tidak berhak untuk tampil. Peserta yang diketahui menggunakan persyaratan palsu seperti manipulasi umur dan data lainnya gugur hak tampilnya. Peserta yang tidak hadir pada saat seleksi dianggap gugur penampilannya. Pengumuman peserta terpilih ditetapkan melalui Keputusan Bupati Aceh Besar dan akan dihubungi via telepon oleh Panitia Pelaksana Hafiz Alquran 30 juz bagi peserta terbaik/ terpilih.

Pendaftaran dibuka pada 15 sampai 26 Oktober 2019 (setiap hari kerja) di Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Besar di Kota Jantho. Seleksi akan dilaksanakan Kamis 31 Oktober 2019 di Hotel Permata Hati, Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

"Hafiz Alquran 30 juz yang terpilih melalui seleksi akan ditetapkan sebagai penerima penghargaan sebagai Hafiz 30 Juz Termuda Kabupaten Aceh Besar Tahun 2019 dengan bonus uang sebesar Rp 50 juta," kata Bupati Mawardi Ali didampingi Kapala Dinas Syariat Islam Aceh Besar, Carbaini SAg.(nas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved