Luar Negeri

Dua Anggota ISIS asal Inggris Ini Dijuluki The Beatles, Penahanan Keduanya Dipindahkan dari Suriah

Dua anggota kelompok ISIS bernilai tinggi yang telah ditahan oleh Kurdi Suriah, dilaporkan telah dipindahkan oleh Amerika Serikat ke luar negeri.

Dua Anggota ISIS asal Inggris Ini Dijuluki The Beatles, Penahanan Keduanya Dipindahkan dari Suriah
AFP / HANDOUT / SYRIAN DEMOCRATIC FORCES
Dua anggota ISIS asal Inggris yang dijuluki The Beatles yang ditahan Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yakni El Shafee el-Sheikh (kiri) dan Alexanda Kotey (kanan).(AFP / HANDOUT / SYRIAN DEMOCRATIC FORCES) 

SERAMBINEWS.COM, WASHINGTON - Dua anggota kelompok ISIS bernilai tinggi yang telah ditahan oleh Kurdi Suriah, dilaporkan telah dipindahkan oleh Amerika Serikat ke luar negeri.

Sebuah laporan mengidentifikasi kedua anggota ISIS itu berasal dari Inggris yang terkenal dengan julukan " The Beatles".

Langkah pemindahan tersebut dilakukan menyusul serangan militer yang dilancarkan Turki ke wilayah utara Suriah yang dikuasai Kurdi.

Pasukan Kurdi Suriah sebelumnya bersama dengan militer AS memerangi kelompok ISIS di negara berkonflik itu.

Pemindahan tahanan bernilai tinggi dilakukan dipicu kekhawatiran bahwa operasi militer Turki dapat menyebabkan para teroris ISIS yang telah ditahan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) melarikan diri dan membangun kembali kelompok itu.

 "Saya dapat mengkonfirmasi bahwa kami telah menahan dua orang anggota ISIS bernilai tinggi dari SDF," kata pejabat departemen pertahanan, Rabu (9/10/2019), tanpa menyebut nama.

"Mereka telah dipindahkan dari Suriah dan kini berada di lokasi yang aman. Mereka ditahan di tahanan militer sesuai dengan hukum perang," lanjut pejabat itu, tanpa menyebutkan lokasi di mana keduanya ditahan.

Laporan media AS mengidentifikasi kedua tahanan yang dipindahkan sebagai bagian empat orang Inggris anggota ISIS yang sangat kejam.

Anggota ISIS yang dijuluki The Beatles itu disebut bertugas menculik dan menyiksa orang asing, termasuk wartawan, pada masa puncak kejayaan kelompok itu di Suriah dan Irak.

Dua anggota ISIS The Beatles lainnya diketahui satu telah terbunuh dalam serangan drone, sementara seorang lainnya dipenjara di Turki atas tuduhan teror.

Halaman
12
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved