Berita Aceh Tengah

Kopi Arabika Gayo Ditolak Buyer Sejumlah Negara Karena Terindikasi Mengandung Zat Kimia

“Sudah tiga kali, kami kirim sample (contoh) ke beberapa buyer di Eropa. Semuanya ditolak karena mengandung zat glyphosate,”

Kopi Arabika Gayo Ditolak Buyer Sejumlah Negara Karena Terindikasi Mengandung Zat Kimia
Doc. Koperasi Ketiara.
Anggota Koperasi Ketiara, mengikuti sosialisasi pemahaman tentang dampak negatif dari penggunaan racun rumput glyphosate dalam membersihkan lahan kebun kopi. 

“Sudah tiga kali, kami kirim sample (contoh) ke beberapa buyer di Eropa. Semuanya ditolak karena mengandung zat glyphosate,” kata Ketua Koperasi Ketiara, Rahmah.

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Nasib kopi arabika Gayo mulai mencemaskan, seiring dengan adanya penolakan dari sejumlah buyer (pembeli) di beberapa negara.

Para buyer dari Eropa, German, Inggris, dan Perancis telah membatalkan kontrak pembelian dengan beberapa koperasi yang menjadi eksportir komoditi unggulan asal Dataran Tinggi Gayo (DTG) itu.

Pasalnya, hasil penelitian laboratorium internasional, ada temuan kopi arabika gayo, telah terkontaminasi serta mengandung zat kimia jenis glyphosate, yang berasal dari obat semprot racun rumput.

“Sudah tiga kali, kami kirim sample (contoh) ke beberapa buyer di Eropa. Semuanya ditolak karena mengandung zat glyphosate,” kata Ketua Koperasi Ketiara, Rahmah kepada Serambinews.com, Kamis (10/10/2019).

Menurut Rahmah, penolakan sample kopi dari sejumlah buyer, menimbulkan kekhawatiran dari para produsen serta eksportir kopi.

Pasalnya, mereka ditolak buyer dari beberapa negara.

Baca: Pagi Kelabu di Jembatan Gantung, Sepmor yang Membawa Ibu Beranak Terjun ke Sungai Bersama Pemiliknya

Dengan kata lain, kopi arabika Gayo, terancam tidak laku di beberapa negara karena mengandung zat kimia.

“Untuk itu, nasib kopi arabika Gayo ini, harus menjadi perhatian kita semua. Termasuk adanya perhatian dari pemerintah untuk menyelamatkan kopi Gayo,” imbuh Rahmah.

Halaman
12
Penulis: Mahyadi
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved