Berita Ekonomi

Kadin Aceh Minta Bank Bukopin Tambah Produk Kredit bagi UMKM dan Pengusaha Baru

Harapan tersebut disampaikan Makmur Budiman, saat acara sosialisasi dan penandatangan MoU produk pembiayaan Bank Bukopin di Banda Aceh,

Kadin Aceh Minta Bank Bukopin Tambah Produk Kredit bagi UMKM dan Pengusaha Baru
For Serambinews.com
Ketua Kadin Aceh, Makmur Budiman dalam acara sosialisasi dan penandatangan MoU produk pembiayaan Bank Bukopin di Banda Aceh, Jumat (11/10/2019). 

Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ketua Kadin Aceh, Makmur Budiman, SE, meminta kepada Bank Bukopin, untuk memperkuat sektor UMKM, melalui skema pembiayaan atau produk kredit yang yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha kecil dalam memperkuat bisnis dan produknya.

Harapan tersebut disampaikan Makmur Budiman, saat acara sosialisasi dan penandatangan MoU produk pembiayaan Bank Bukopin di Banda Aceh, Jumat (11/10/2019).

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Ketua Gapensi, AKLI, Aklindo, dan Inkindo tersebut, Makmur juga meminta agar bank tersebut, dapat memberikan kemudahan pembiayaan terhadap pengusaha baru, yang akan mengembangkan bisnisnya di provinsi ini.

Menurut Makmur, jika Bank Bukopin dalam menjalankan bisnis perbankannya dapat bekerjasama dengan UMKM dan pengusaha baru, maka hal tersebut akan berkontribusi positif dalam membantu pemerintah Aceh yang saat ini tengah fokus dan gencar untuk upaya pengentasan kemiskinan.

"Saya harap, tidak ada istilah garis merah untuk skema pembiayaan UMKM," tegasnya.

Selama ini, kata Makmur, perbankan dalam skema pembiayaannya kerap melihat suatu usaha dari aspek bankable atau kurang mampu memenuhi persyaratan perbankan, terutama masalah klasik yaitu jaminan.

Ini Program Ketua Kadin Aceh Makmur Budiman, Termasuk Pengaktifan Kembali Seluruh Pelabuhan di Aceh

Ini Susunan Lengkap Pengurus Kadin Aceh 2019-2024 yang Baru Dilantik

Mualem Minta Plt Gubernur Libatkan Dua Kadin ke India  

Sebenarnya, lanjut Makmur, sektor UMKM, sangat prospek untuk mendapatkan pembiayaan, karena para pelakunya, memiliki kejujuran dalam berbisnis, dan juga niat baik.

Tentu, kata Makmur, selain dapat membantu pembiayaan melalui skema produk perbankan, pihak Bank Bukopin juga diharapkan dapat mengarahkan CSR atau corporate social responsibilitynya, guna diarahkan pada sektor produktif.

Dan untuk optimalisasi CSR Bank Bukopin ke arah sektor produktif, sambung Makmur, pihak Kadin siap memberikan masukan, dan berdiskusi.

Dan harapan terakhir Kadin Aceh, dengan lahirnya Qanun Lembaga Keuangan Syariah di provinsi ini, Bank Bukopin diharapkan dapat melakukan penetrasi pasar, dengan memperluas jangkauan pelayanan perbankan, yakni melalui strategi pembukaan kantor wilayah, dan memperbanyak kantor cabang ke kabupaten dan kota.

Jika skema ini dapat direalisasikan, pihak Kadin akan mendorong para pengusaha Aceh yang tergabung dalam organisasi ini, untuk menyimpan uang mereka di Bank Bukopin.

"Kadin juga akan bantu sosialisasi agar masyarakat menabung di Bank Bukopin," kata Makmur Budiman. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved