Program ‘Geunaseh’, Komitmen Pemko Sabang untuk Anak  

Pemko Sabang dan UNICEF resmi meluncurkan program Gerakan untuk Anak Sehat Sabang (Geunaseh), Kamis (10/10) di Aula

Program ‘Geunaseh’, Komitmen Pemko Sabang untuk Anak   
IST

SABANG - Pemko Sabang dan UNICEF resmi meluncurkan program Gerakan untuk Anak Sehat Sabang (Geunaseh), Kamis (10/10) di Aula Kantor Wali Kota Sabang. Program itu diluncurkan sebagai upaya terpadu untuk mengatasi masalah malnutrisi dan stunting di Sabang.

Program Geunaseh itu dilaksanakan oleh Pemko Sabang dengan dukungan UNICEF perwakilan Aceh dan Flower Aceh. W a l i K o t a S a b a n g , Nazaruddin S.I.Kom mengatakan, program Geu naseh itu diluncurkan supaya persoalan malnutrisi dan stunting di Sabang dapat d i tangan secara terintegrasi agar tidak menyebabkan berbagai masalah lanjutan terkait gizi, dan berdampak pada ancaman kehilangan generasi sehat di daerah tersebut.

Geunaseh meru pakan program bantuan tunai yang diharap berjalan efektif. Program ini merupakan salah satu layanan Pemko Sabang untuk penanganan mal n u t r i s i , t u j u a n n y a

meningkatkan cakupan nutrisi dan akses terhadap layanan kesehatan bagi seluruh anak Sabang yang berumur 0-6 tahun dan ibu menyusui melalui pemberian bantuan transfer tunai,” kata Nazaruddin yang akrab disapa Tgk Agam.

Ia menambahkan, bahwa bantuan dari program Geunaseh diharapkan menjadi penopang pendapatan keluarga penerima, karena dapat digunakan memenuhi kebutuhan dasar anak. Melalui geunaseh, juga menjadi salah satu komponen pengentasan permasalahan malnutrisi terintegrasi, program ini juga melengkapi program beasiswa pendidikan yang diberikan ke seluruh siswa/siswi Sabang umur 7 - 18 tahun. Geunaseh diluncurkan sebagai respons cepat Pemko Sabang atas tingginya kasus malnutrisi dan stunting di wilayahnya. Pada 2018 tercatat,

stunting di Sabang mencapai 540 balita dari jumlah 2.037 balita yang ada atau 26,5 persen. Artinya, 1 dari 4 balita Sabang mengalami stunting, jumlah ini melampaui batasan yang ditetapkan badan kesehatan dunia (WHO) sebesar 20%.

UNICEF Apresiasi Pemko Sabang

Perwakilan UNICEF Indonesia, Debora Comini mengapresiasi terobosan Pemko Sabang yang memprakarsai program Geunaseh. Ia berharap program Geunaseh Sabang dapat pula diduplikasikan oleh kabupaten/kota lainnya di Aceh.

“Hari ini, Pemko Sabang mengambil langkah lebih maju untuk menjadi “kota sejahtera”, dengan meluncurkan rencana perlindungan sosial Geunaseh Sabang, yang didanai secara lokal untuk semua anak sejak lahir hingga usia 6 tahun.

Artinya geunaseh ini akan mencakup sekitar 4.000 anak,” ujar Debora Comini. Dengan program ini pula, Pemko Sabang memberikan contoh pengentasan permasalahan malnutrisi dan kemiskinan anak di Aceh dan juga di luar. “Karena pelajaran yang dipetik dari program ini agar dapat direplikasi dan ditingkatkan,” ujar Debora. Debora juga mengucapkan selamat kepada Kota Sabang karena menjadi pemimpin kelas dunia untuk anak-anak dan membangun fondasi yang kuat untuk Sabang di masa depan.  “Berinvestasi pada anak-anak hari ini, adalah sebuah investasi untuk masa depan Sabang,” tandasnya. (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved