Berita Aceh Barat

Ini Alasan Hari Jumat Nelayan Pantang Melaut di Aceh Barat

Para nelayan dalam melaut tentukanya memiliki hari-hari yang menjadi pantangan untuk tidak melaut. Hal itu dilakukan bukan hanya sebatas tradisi...

Ini Alasan Hari Jumat Nelayan Pantang Melaut di Aceh Barat
SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI
Para nelayan menyandarkan boat di kawasan TPI Lhok Panggong, Kecamatan Johan Pahlawan, Sabtu (12/10/2019) karena tidak melalut melaksanakan syukuran bersama berupan kenduri laot. 

Ini Alasan Hari Jumat Nelayan Pantang Melaut

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Para nelayan dalam melaut tentukanya memiliki hari-hari yang menjadi pantangan untuk tidak melaut. Hal itu dilakukan bukan hanya sebatas tradisi saja dikalangan nelayan, akan tetapi lebih dari itu salah satunya untuk beribadah dan berkumpul bersama keluarga setelah enam hari di laut.

 “Mengapa hari Jumat menjadi hari pantang untuk tidak melaut, karena pada hari Jumat supaya bisa ke Masjid melaksanakan ibadah Jumat, selain itu jumat juga menjadi hari bagi hasil, dan menyempatkan waktu bersama keluarga, serta kepentingan lainnya,” ungkap Panglima Laot Kabupaten Aceh Barat Amiruddin, Sabtu (12/10/2019) saat menghadiri Keuduri Laot Lhok Panggong di Kecamatan Johan Pahlawan.

Ia menambahkan, hari pantang tersebut sejak zaman dahulu sudah berlangsung, sehingga sampai saat ini  hal itu masih terus dilakukan, dan memahami dibalik dari pantangan tersebut. Sebab dengan demikian tentu akan menjadi renungan terutama para nelayan itu sendiri.(*)

40 Stand Ramaikan Aceh Internasional Percussion di Stadion Cot Gapu Bireuen

Ini Tanggapan Kadisdik Aceh Barat Terkait Siswa Pulang Akibat tak Ada Guru yang Mengajar

Sudah Hampir 10 Tahun Irigasi Seuke Pulot Bireuen Belum Rampung, Ini Harapan Petani

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved