YARA Tagih Janji Nova, Bangun Jembatan Krueng Teukuh

Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Barat Daya (Abdya) menagih janji Plt Gubernur, Ir Nova Iriansyah untuk membangun

YARA Tagih Janji Nova, Bangun Jembatan Krueng Teukuh
For Serambinews.com
Ketua YARA Abdya, Miswar SH menunjuk puluhan masyarakat yang naik rakit di kawasan Krueng Teukuh, Abdya. 

BLANGPIDIE - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Barat Daya (Abdya) menagih janji Plt Gubernur, Ir Nova Iriansyah untuk membangun jembatan Krueng Teukuh di Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee. Janji itu diucapkan Nova, akhir tahun 2018 lalu, saat meninjau jembatan tersebut bersama Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, anggota DPR-RI, Teuku Riefky Harsya, dan sejumlah pejabat lainnya.

"Kami meminta Plt Gubernur Aceh untuk mewujudkan janjinya untuk masyarakat Abdya, terkait jembatan Krueng Teukuh," ujar Ketua YARA Abdya, Miswar kepada Serambi, Rabu (9/10). Pasalnya, tukas Miswar, Plt Gubernur berjanji akan melanjutkan pembangunan jembatan itu pada APBA Perubahan 2019. "Namun, saat kami meninjau langsung ke lokasi, belum ada tanda-tanda dilanjutkan pembangunan jembatan Krueng Teukuh. Ini sangatlah ironis dan berbanding terbalik dengan janji Plt Gubernur," sergahnya.

Menurut Miswar, seharusnya jembatan tersebut sudah selesai pada akhir 2018 lalu. Namun anehnya, beber dia, tiba-tiba anggaran Rp 10 miliar yang telah disetujui untuk jembatan Krueng Teukuh malah beralih ke jembatan Mancang Riek. "Anehnya, Plt Gubernur kaget saat mengetahui anggaran Krueng Teukuh telah dialihkan ke Mancang Riek. Ini ada apa? Kok bisa dinas bisa melawan perintah Plt," tukasnya.

Untuk itu, Miswar meminta, Nova bisa merealisasikan janjinya untuk melanjutkan Krueng Teukuh paling lambat pada tahun 2020. "Jika tahun 2020 tidak ada tindakan dan terealisasi, maka jangan salahkan masyarakat Abdya murka terhadap Plt Gubernur Aceh. Apalagi janji itu disampaikan di depan Bupati, para pimpinan dan anggota DPRK,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua sementara DPRK Abdya, Nurdianto memastikan, jembatan Krueng Teukuh di Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee akan dibangun pada 2020. "Perlu kami luruskan agar tidak ada informasi salah. Insya Allah, jembatan Krueng Teukuh dibangun pada tahun 2020," ujar Nurdianto kepada Serambi, Kamis (10/10).

Nurdianto menyebutkan, anggaran yang diplotkan untuk pembangunan jembatan Krueng Teukuh itu sebanyak Rp 15 miliar. Pembangunan jembatan itu, bebernya, juga sudah disampaikan langsung oleh Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah kepada Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, Kadis PUPR Moch Tavip, Ketua DPC Partai Demokrat Abdya, serta Asisten II Setdakab Salman  Alfarisi ST. "Jadi, Plt Gubernur sangat besar perhatiannya untuk Kabupaten Abdya dan setiap janji yang disampaikan, insya Allah akan ditepati, termasuk jembatan Krueng Teukuh," pungkas Nurdianto.(c50)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved