SMA 12 Banda Aceh Raih Perunggu, Pada Kompetisi Inovasi yang Diikuti 15 Negara  

Tim SMAN 12 Banda Aceh yang mewakili Aceh sekaligus Indonesia meraih medali perunggu (bronze medal) pada ajang

SMA 12 Banda Aceh Raih Perunggu, Pada Kompetisi Inovasi yang Diikuti 15 Negara   
FOTO SMAN 12 BANDA ACEH
Siswa SMAN 12 Banda Aceh didampingi guru pembimbing, Dra Siti Rohani mengikuti Kompetisi Inovasi dan Wintex di Grand Ballroom Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, 9- 12 Oktober 2019. 

BANDA ACEH - Tim SMAN 12 Banda Aceh yang mewakili Aceh sekaligus Indonesia meraih medali perunggu (bronze medal) pada ajang The 6th International Young Inventors Award (IYIA) dan The 2nd World Invention Technology Expo (Wintex).

Kegiatan berskala internasional ini digelar di Grand Ballroom Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, 9- 12 Oktober 2019. SMAN 12 Banda Aceh menurunkan inovator muda terbaiknya yakni Ghufran Nazhif Syahrafi, Muhammad Zaki Zayyan, Muhammad Rifqi, Chalil Gibran, dan Hafizh Akbar.

Mereka mempresentasikan inovasi dengan judul ‘Making Spray Bugs From Soursop Leaf’ dengan guru pembimbing Dra Siti Rohani. Dra Siti Rohani kepada Serambi, Rabu (16/10) mengatakan, keberhasilan itu tidak luput dari peran kepala sekolah, Erlawana SPd MPd yang selalu memberikan motivasi dan dukungan kepada tim.

“Kami selaku guru pembimbing dan siswa termotivasi untuk mengikuti perlombaan tingkat internasional ini,” ujarnya. Siti menjelaskan, inovasi yang dipresentasikan siswa SMAN 12 Banda Aceh yaitu penciptaan obat pembasmi hama kutu pada kucing dari bahan ekstrak daun sirsak.

Untuk menciptakan inovasi itu, tim menggunakan metode ekstraksi dan maserasi. “Berkat kerja sama yang baik, SMAN 12 berhasil meraih medali perunggu di ajang tersebut,” jelasnya. Ditambahkan, IYIA dan- Wintex melibatkan Indonesia dan 15 negara, di antaranya Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Cina, Korea, Jepang, Arab Saudi, hingga Amerika Serikat.

Event yang diselenggarakan Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (Innopa) itu diikuti 1.200 inovator yang terbagi dalam 250 tim. (fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved