Haba Senator

Haji Uma Harapkan Sejumlah Tokoh Aceh Masuk Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin

Haji Uma berharap agar adanya keterwakilan tokoh Aceh dalam susunan kabinet Pemerintahan Joko Widodo pada periode kedua ini.

Haji Uma Harapkan Sejumlah Tokoh Aceh Masuk Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin
Dok: Haji Uma
Haji Uma mengikuti Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di Gedung MPR RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019) sore. 

Laporan Jafaruddin | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Senator asal Aceh, H Sudirman atau populer dikenal Haji Uma berharap agar adanya keterwakilan tokoh Aceh dalam susunan kabinet Pemerintahan Joko Widodo pada periode kedua, 2019-2024. 

Hal tersebut disampaikan senator yang meraih hampir sejuta suara pada Pemilu lalu ini, setelah mengikuti Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di Gedung MPR RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019) sore tadi.

"Adanya keterwakilan daerah, khususnya Aceh dalam susunan kabinet baru Presiden Jokowi sangat penting dan mesti menjadi pertimbangan bapak Presiden", ujar Haji Uma.

Alasannya, menurut Haji Uma Aceh adalah daerah modal yang memiliki kontribusi besar dan sejarah panjang dalam perjalanan Republik.

Paska Kemerdekaan, hubungan fluktuatif antara Aceh dan Jakarta yang mengakibatkan konflik berkepanjangan terjadi.

Saat ini Aceh sedang bangkit dan membangun kembali paska perjanjian damai 2015 lalu dan nikmat damai sebagai modal bagi pembangunan mesti terpelihara dan abadi.

Tetapi disisi lain, hubungan Aceh dengan pusat belumlah pulih sepenuhnya, apalagi masih ada sejunlah klausul perjanjian damai yang belum terealisasi hingga saat ini. 

"Atas berbagai dasar dan alasan tersebut, maka keterwakilan Aceh dalam kabinet Jokowi adalah hal penting sebagai saluran aspirasi masyarakat Aceh dan menjadi telinga serta perpanjangan tangan pemerintah bagi Aceh terhadap berbagai perkembangan, termasuk gejolak yang mungkin timbul kedepannya", pungkas Haji Uma.

Sementara itu, terkait sosok figur yang memiliki kapasitas dan kualifikasi untuk masuk dalam jajaran kabinet menteri Pemerintahan Jokowi Jilid II ini, Haji Uma mengaku banyak menerima pertanyaan dan pesan dari Aceh terkait perihal tersebut.

"Saya menerima banyak aspirasi dan harapan dari kalangan masyarakat Aceh terkait sosok yang mungkin pantas masuk dalam kabinet nantinya. Jujur saja, dari sekian sosok, nama Muhammad Nazar, tokoh sentral penggerak aksi referendum Aceh dan mantan Wagub Aceh paling dominan", ungkap Haji Uma.

"Secara pribadi, Muhammad Nazar adalah satu diantara tokoh Aceh yang layak dipertimbangkan untuk masuk dalam kabinet. Dengan kapasitas dan kualifikasi yang dimilikinya, namun tentu saja keputusan ada ditangan Presiden. Namun terpenting, keterwakilan Aceh dalam kabinet nantinya dapat diakomodir," tutup Haji Uma penuh harap.(*)

Wakil Presiden Myanmar Masuki Kabin Replika Pesawat Seulawah RI 001 di TMII, Simak Fakta Sejarahnya

Srikandi DPRK Aceh Besar ini Bermalam Pulo Nasi, Ini Agendanya

Atlet Tarung Derajat Aceh Singkil Raih Tiga Emas dalam Kejuaraan Tingkat Provinsi Aceh 2019

Bireuen Sabet Satu Emas dan Tiga Perunggu, pada Kejurprov Tarung Derajat Aceh

Anggota DPD Fachrul Razi akan Terus Tagih Janji Kampanye Jokowi untuk Aceh

Hanya Kalah Cepat dari 4 Pemain Ini, Cristiano Ronaldo Catat Sejarah Baru di Liga Italia

 

Penulis: Jafaruddin
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved