RSUZA Siap Kirim Dokter ke Pijay

Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh maupun Fakultas Kedokteran (FK) Unsyiah siap

RSUZA Siap Kirim Dokter ke Pijay
SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL
Wakil Bupati Pidie Jaya H Said Mulyadi SE MSi (kiri) menyaksikan penandatangan nota MoU Tri Partied oleh Direktur RSUD Pijay, Dr Fajriman SpS MSi MEd (tengah) dengan menggandeng RSUZA Banda Aceh dan FK Unsyiah, Kamis (17/20/2019) lalu. 

* Bantu Penanganan Medis di RSUD Setempat

MEUREUDU - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh maupun Fakultas Kedokteran (FK) Unsyiah siap mengirim tim (dokter dan paramedis) untuk membantu penanganan medis di RSUD Pidie Jaya (Pijay). Hal itu tertera dalam kerja sama tiga pihak (tri partied) antara RSUD Pijay, RSUZA Banda Aceh, dan FK Unsyiah yang ditandatangani pada Kamis (17/10) lalu, dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Pijay.

Dengan adanya kerja sama tersebut, maka masyarakat yang sakit dari 222 gampong di Pijay cukup dirawat di RSUD Pijay, tanpa perlu dirujuk ke provinsi. Apalagi dengan kerja sama itu, segala kebutuhan tenaga medis dapat dipenuhi dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Pijay.

Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Pijay, Said Mulyadi SE MSi kepada Serambi, Minggu (20/10).  "Saya menilai kerja sama tiga pihak ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan sekaligus menurunkan angka kemiskinan di Pidie Jaya," kata Said.

Sebab menurutnya, adanya MoU tersebut dapat memangkas segala biaya pendampingan pasien selama dalam perawatan di provinsi. Perawatan di RSUD Pijay tentu lebih hemat bagi keluarga pasien. "Bayangkan saja, jika salah satu keluarga  miskin dirujuk ke Banda Aceh (RSUZA), berapa biaya yang habis untuk mendampingi pasien? Keluarganya harus meninggalkan usaha atau pekerjaannya di daerah," jelasnya.

Said Mulyadi optimis kerja sama tiga pihak itu akan menghemat semua cost (biaya) hidup masyarakat yang berobat. Semua anggota keluarga dapat silih berganti mendampingi pasien yang dirawat di RSUD. "Langkah tepat Tri Partied ini akan terus dilakukan karena dapat menguntungkan semua pihak," katanya lagi. 

 Tingkatkan SDM Rumah Sakit Daerah

Sebelumnya, Bupati Pijay, H Aiyub Abbas menyebut kerja sama tersebut sangat membantu pihak RSUD Pijay dalam meningkatkan kualitas SDM rumah sakit daerah. "Kerja sama ini juga salah satu syarat akreditasi dan peningkatan tipe RS. Kami perlu pendampingan dari RSUZA dan FK Unsyiah yang sudah terakreditasi A," sebutnya.

Menurutnya, kerja sama ini menjadi suatu kebanggaan bagi Pemkab Pijay. Apalagi MoU tersebut memberikan ruang untuk menjaring SDM lokal atau luar guna mengabdi di daerah itu. "Ini sangat menguntungkan bagi semua pihak," pungkasnya. (c43)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved