Mihrab

Berakhlak Baik Dalam Kehidupan  

Menurut Imam Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin, akhlak adalah suatu perangai yang menetap kuat dalam jiwa seseorang

Berakhlak Baik Dalam Kehidupan   
IST
Dr H Abizal M Yati Lc MA

BANDA ACEH - Akhlak berasal dari bahasa Arab. Ditinjau dari segi bahasa, akhlak artinya budi pekerti. Menurut Imam Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin, akhlak adalah suatu perangai yang menetap kuat dalam jiwa seseorang dan merupakan sumber timbulnya perbuatan-perbuatan tertentu dari dirinya, secara mudah dan ringan, tanpa perlu dipikirkan atau atau direncanakan sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Ustaz Dr H Abizal M Yati Lc MA dalam pengajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) di Rumoh Aceh Kupi Luwak, Jeulingke, Banda Aceh, Selasa (22/10) malam.

Ia menjelaskan bahwa ulama terdahulu lebih dulu mempelajari akhlak sebelum mempelajari ilmu pengetahuan lain. Nabi Muhammad merupakan contoh teladan bagaimana seseorang bergaul dalam kehidupan sehari-hari. Rasulullah sebelum diangkat menjadi rasul sudah digelar Al-Amin karena kepribadiannya. "Misi pertama Nabi Muhammad diutus Allah untuk memperbaiki akhlak manusia," ujarnya pada pengajian yang dimoderatori Humas Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh, Zulfurqan.

Seseorang tidak sempurna imannya apabila tidak berakhlak baik. Di akhirat kelak orang yang posisinya berdekatan dengan Nabi Muhammad ialah yang baik akhlaknya. Panduan berakhlak baik terkandung dalam Alquran dan hadis. Akhlak Rasulullah berdakwah membuat jangkauan dakwahnya sangat luas dalam waktu singkat dan bertahan hingga kini.

"Coba kita tanyakan kepada diri sendiri apakah kita sudah berakhlak baik. Kalau ingin mengajarkan akhlak kepada orang lain, maka kita harus menjadikan diri kita sendiri sebagai contoh yang bisa diteladani akhlaknya," ucapnya.

Ustaz Abizal menyebutkan bahwa ada lima akhlak utama harus dimiliki seseorang yakni jujur, adil, amanah, mendahulukan orang lain, dan tawadhu atau rendah hati. (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved