Unsyiah Gelar Funbike dan Funwalk

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh dan Harian Serambi Indonesia menjalin kerja sama terkait pelaksanaan

Unsyiah Gelar Funbike dan Funwalk
FOTO IKRAMULLAH
Pemimpin Perusahaan Harian Serambi Indonesia, Mohd Din (dua kiri) didampingi Manajer Promosi dan EO Serambi Indonesia, M Jafar, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC (dua kanan) didampingi Ketua Pelaksana ‘Unsyiah Fun Bike dan Fun Walk 2019', Nashrillah Anis SE MM (kanan) memperlihatkan nota kerja sama kedua lembaga dalam menggelar funbike dan funwalk, di Biro Rektor Unsyiah, Jumat (25/10/2019). 

* Kerja Sama dengan Serambi Indonesia

BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh dan Harian Serambi Indonesia menjalin kerja sama terkait pelaksanaan kegiatan ‘Unsyiah Funbike dan Funwalk 2019' yang akan berlangsung Minggu (24/11) dengan start dan finish di Lapangan Tugu Kampus Darussalam, Banda Aceh.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Pemimpin Perusahaan Harian Serambi Indonesia, Mohd Din dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC, di Biro Rektor Unsyiah, Jumat (25/10).

Pada kesempatan itu, Alfiansyah Yulianur menyampaikan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ‘Unsyiah Funbike dan Funwalk’ kali ini dilaksanakan juga sebagai salah satu bagian dalam rangkaian Peringatan Milad ke-58 Unsyiah pada tahun ini.

"Unsyiah Funbike dan Funwalk merupakan salah satu kegiatan dalam rangka peringatan Milad Unsyiah yang dapat melibatkan masyarakat umum secara luas," kata Alfiansyah Yulianur yang juga Koordinator Kegiatan Unsyiah Funbike dan Funwalk 2019.

Dikatakan, seluruh kalangan dan lapisan masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam memeriahkan peringatan  Milad Universitas yang dijuluki sebagai jantong hatee rakyat Aceh itu. Ia menambahkan sebagai sebuah institusi pendidikan atau Perguruan Tinggi, peringatan hari lahir atau milad umumnya dimeriahkan dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan, seperti seminar, expo atau kegiatan lainnya yang mungkin hanya melibatkan ataupun diperuntukkan bagi kalangan tertentu saja.

"Artinya, tidak semua lapisan masyarakat  dapat ikut serta berpartisipasi untuk memeriahkan kegiatan-kegiatan tersebut. Namun, dalam pelaksanaan kegiatan Unsyiah Funbike dan Funwalk ini semua lapisan masyarakat luas bisa ikut terlibat sehingga diharapkan keberadaan Unsyiah sebagai jantong hatee rakyat Aceh ini tidak hanya sekedar jargon, tapi benar-benar dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat itu sendiri," jelasnya.

Ia menyebutkan, selain terus menggalakkan  olahraga di kalangan masyarakat, bersepeda dan jalan kaki juga merupakan olahraga murah yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Untuk itu, maka gelaran ‘Unsyiah Funbike dan Funwalk’ ini tetap diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan peringatan  Milad Unsyiah dalam beberapa tahun terakhir.

Pada kesempatan itu, Ketua Pelaksana ‘Unsyiah Funbike dan Funwalk 2019', Nashrillah Anis SE MM menambahkan, sehubungan dengan program Rektor Unsyiah dalam rangka mewujudkan Kampus Unsyiah sebagai Green Kampus, maka sejak tahun ini Unsyiah sedang menggalakkan program pengurangan limbah plastik, terutama di lingkungan kampus Unsyiah.

"Salah satu upaya menuju terwujudnya Unsyiah sebagai Green Campus adalah dengan mengurangi penggunaan air minum dalam kemasan plastik, seperti air mineral kemasan gelas dan botol plastik. Jadi kalau kita hadir ke acara-acara yang diselenggarakan di kampus Unsyiah, seperti acara seminar bahkan upacara wisuda sekalipun, kita tidak lagi mendapati air mineral gelas dalam kotak kue konsumsi yang disediakan panitia," katanya.

Dikatakan, untuk itu kepada seluruh hadirin ataupun kalangan yang hadir di acara-acara yang diselenggarakan di kampus Unsyiah, tetap dihimbau untuk membawa tumbler ataupun botol minuman masing-masing yang nantinya diisi dengan air mineral yang disediakan pihak Unsyiah di berbagai sudut kampus, terutama di lokasi pelaksanaan acara-acara tersebut.

"Melalui gerakan ini diharapkan kita semua peduli terhadap kelestarian lingkungan dengan ikut mengurangi limbah plastik di lingkungan kita masing-masing. Untuk itu, dalam pelaksanaan ‘Unsyiah Funbike dan Funwalk 2019' ini nantinya kita juga akan mengajak serta masyarakat, terutama peserta Unsyiah Funbike dan Funwalk untuk membawa tumbler atau botol tempat minuman masing-masing saat hadir mengikuti kegiatan tersebut," sebut Nashrillah.

Ia menambahkan di Lapangan Tugu Darussalam tempat berlangsungnya acara ataupun di sepanjang rute perjalanan kegiatan, pihak panitia akan menyediakan air mineral untuk minum peserta dengan mengisinya ke dalam tumbler atau botol minumannya masing-masing.(una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved