Breaking News:

Seribuan Pelajar Ikut Science Film Festival 2019

Sebanyak 1.500 pelajar mulai dari SD hingga SMA sederajat dari Banda Aceh dan Aceh Besar ikut ambil bagian di Science Film Festival (SFF) 2019

FOTO PANITIA PELAKSANA
Para peserta Science Film Festival Indonesia 2019 yang dilaksanakan SMKN2 Banda Aceh melakukan eksperimen pondasi telur. 

* Diadakan SMKN 2 Banda Aceh

BANDA ACEH - Sebanyak 1.500 pelajar mulai dari SD hingga SMA sederajat dari Banda Aceh dan Aceh Besar ikut ambil bagian di Science Film Festival (SFF) 2019 yang diselenggarakan SMK Negeri 2 Banda Aceh. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, (30-31/10) itu menampilkan berbagai eksperimen hasil karya para pelajar.

Festival yang dihelat di Aula SMK Negeri 1, 2 dan 3 Banda Aceh itu didukung Goethe-Institut Indonesia, bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman Jakarta, Sahid Hotels and Resorts, Sekolah  Mitra menuju Masa Depan (PASCH) serta Universitas Paramadina.

Kepala SMKN 2 Banda Aceh, Mahyuddin SPd berharap para peserta dapat mengambil ilmu dari tanyangan film yang ditonton tersebut dan juga dapat menjadi pioner untuk mentransfer ilmu yang diperoleh dalam kegiatan SFF ini kepada teman-temannya.

“Festival ini juga untuk mengajak para pelajar agar dapat lebih dekat dengan sains sejak dini, sekaligus para pelajar untuk dapat membangun kesadaran atas pelestarian lingkungan, pembangunan berkelanjutan, cara menjaga lingkungan dengan meminimalisir pemakaian plastik, sterofoam serta sampah lainnya yang dapat merusak lingkungan,” jelasnya.

“Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh dan Dinas Pendidikan Aceh, serta para kepala sekolah, guru, pelajar dan panitia,” tandas Mahyuddin sambil menambahkan bahwa SFF merupakan suatu bentuk perhelatan komunikasi sains dan memiliki posisi yang unik di Asia Tenggara, Asia Afrika Utara, Afrika Selatan, India, Srilanka dan Timur Tengah.

Sementara Perwakilan Goethe Institut Jakarta, Miss Anna Maria Strauss menyebutkan, dengan menjalin kerja sama dengan mitra lokal serta regional, festival ini meningkatkan minat atas sains, juga memfasilitasi kesadaran akan isu-isu ilmiah kekinian, teknologi dan lingkungan melalui media film, Festival ini menampilkan film-film yang menjelaskan isu ilmiah yang  mudah dan menghibur para pelajar serta audien.

Koordinator SFF SMK Negeri 2 Banda Aceh, Ahfas SPdI MPd menyebutkan, SMK Negeri 2 Banda Aceh merupakan salah satu sekolah Mitra menuju Masa Depan (PASCH) pada kegiatan tahun ini  mengundang sebanyak 54 sekolah baik tingkat  SD/MI, SMP/MTsN, dan SMA/SMK yang berada di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar dengan jumlah peserta hingga 1.500 pelajar.

“Dengan tingginya antusiasme para pelajar  mengikuti kegiatan ini, sehingga panitia mengelar selama dua hari yang dibagi menjadi empat sesi. Jumlah film yang ditayangkan sebanyak 13 buah. Selanjutnya para pelajar melakukan eksperimen sesuai dengan film yang ditonton,” jelas Ahfas.

Para pelajar juga diberikan edukasi bahasa Jerman oleh guru SMK Negeri 2 Banda Aceh, Dessy SPd selama 30 menit di setiap sesi pemutaran film.(aji)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved