Banjir Aceh Utara

Warga Pirak Timu Mulai Mengungsi, Akses Terputus Karena Jembatan Terendam Banjir

Akses darat mulai terputus karena jembatan gantung penghubung Kecamatan Matangkuli dengan Rayeuk Pange ikut terendam banjir.

Laporan Jafaruddin | Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM,LHOKSUKON – Warga di Kecamatan Pirak Timu Kabupaten Aceh Utara mulai mengungsi pada Selasa (12/11/2019) malam, karena permukaan air yang merendam rumah warga semakin tinggi.

Sementara, akses darat mulai terputus karena jembatan gantung penghubung Kecamatan Matangkuli dengan Rayeuk Pange ikut terendam.

Warga Desa Rayeuk Pange, Irfan kepada Serambinews.com, menyebutkan sejumlah warga di desanya sudah mengangkut barang agar tidak terendam banjir. 

“Permukaan air semakin tinggi, sehingga untuk melintasi ke Matangkuli tak bisa lagi. Karena jembatan gantung penghubung Kecamatan Matangkuli dengan Rayeuk Pange juga terendam,” ujar Irfan.

Diberitakan sebelumnya, banjir luapan dari Sungai Keureutoe dan Pirak dan Krueng Peutoe merendam puluhan desa dalam empat kecamatan di Kabupaten Aceh Utara pada Selasa (12/11/2019) sore. Masing-masing, Kecamatan Matangkuli, Pirak Timu, Paya Bakong dan Kecamatan Tanah Luas.

“Permukaan air makin naik, sehingga rata-rata ketinggian air di atas lutut orang dewasa,” ujar Mukim Matangkuli Kecamatan Pirak Timu, A Rahman, kepada Serambinews.com.

Disebutkan, air mulai merendam kawasan Pirak Timu sejak Selasa siang. Menjelang sore, permukaan air terus naik, sehingga banjir semakin meluas.

Warga yang rumahnya terendam, saat ini sudah mulai mengungsi.

“Warga milih mengungsi ke rumah saudara atau tetangganya yang tinggal di rumah panggung,” kata A Rahman.

Warga yang sudah mengungsi antara lain dari Desa Rayeuk Pange, Desa Bungong, Geulumpang, Asan Krueng Kreh, Beuracan Rata, dan Meunasah Trieng.

Banjir juga merendam desa lainnya, tapi warganya belum mengungsi. “Kemungkinan warga lainnya juga akan mengungsi jika debit air terus bertambah, mengingat hujan di kawasan ini belum juga reda,” katanya.(*)

BREAKING NEWS: Banjir Landa Pirak Timu Aceh Utara, Warga Angkut Barang Dalam Rumah ke Balai

UPDATE - Banjir di Aceh Utara Meluas Hingga ke Empat Kecamatan, Ini Desa-desa yang Terendam

Sempat Terjebak Banjir, Bayi Berusia Empat Bulan Berhasil Dievakuasi Satgas SAR Aceh Tamiang

Penulis: Jafaruddin
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved