"Didong Jalu" Semalam Suntuk antara Aceh Tengah Melawan Bener Meriah di Taman Mini

Perkumpulan masyarakat Gayo di Jabodetabek, Musara Gayo, menggelar pertunjukan didong jalu atau didong tanding, antara grup didong Aceh Tengah melawan

SERAMBINEWS.COM/FIKAR W EDA
Alwien Desry, panitia Gelar Seni Gayo di Taman Mini bersama pengurus Musara Gayo dan panitia saat bertemu Bupati Bener Meriah, Tgk Sarkawi di Jakarta, Kamis (14/11/2019). 

"Didong Jalu" Semalam Suntuk antara Aceh Tengah Melawan Bener Meriah di Taman Mini

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Perkumpulan masyarakat Gayo di Jabodetabek, Musara Gayo, menggelar pertunjukan Didong Jalu atau Didong tanding, antara grup didong Aceh Tengah melawan Bener Meriah, 21-22 Desember 2019, di Anjungan Aceh Taman Mini Indonesia Indah.

Tradisi pertunjukan Didong di Jakarta dimulai sejak 1970. Kegiatan tersebut sebagai bagian dari memperkenalkan kebudayaan Gayo di ibu kota negara.

Ketua Panitia Alwien Desry, di Jakarta, Kamis (14/11/2019) menjelaskan, selain Didong Jalu, juga diisi lomba peragaan busana dan pameran busana Gayo, diskusi budaya dan pariwisata serta pameran kuliner Gayo dan lomba mewarnai.

"Kegiatan ini untuk memperkenalkan budaya Gayo ke publik Jabodetabek, dan mendorong promosi pariwisata dan budaya Tanah Gayo," kata Alwien Desry.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi menyatakan dukungan penyelenggaraan didong jalu tersebut.

Fakhri Husaini Pamit dari Timnas U-19 Indonesia, Rochy Putiray Yakin Ada yang tak Beres

Kampung Linung Ayu Pegasing Diterjang Banjir Bandang, Bawa Bongkahan Kayu dari Hulu Sungai

KJP Penang-Firefly Tawarkan Paket Wisata Kesehatan Murah untuk Masyarakat Aceh, Cukup Rp 2,5 Juta

"Bupati Aceh Tengah akan mengirimkan grup didong terbaik dari kabupaten tersebut. Begitu juga dengan Bupati Bener Meriah," ujar Alwien Desry seusai bertemu dengan Bupati Sarkawi bersama-sama dengan Ketua Musara Hasan Daling dan beberapa pengurus lainnya. Sebelumnya panitia juga sudah bertemu dengan Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar.

Alwien juga menyampaikan, pentas seni juga diisi dengan penampilan Faul Lida 2019 dan Nabila, dua artis Gayo yang berkibar di panggung Liga Dangdut Indonesia, serta beberapa artis Gayo lainnya, Wintona, Salman- Riki- Item Pitara, Mulyani dan lain-lain.

Didong merupakan kesenian rakyat Gayo yang paling mendapat tempat di hati masyarakat. Pertunjukan didong melibatkan penepok atau pengiring sebanyak30 orang masing-masing grup. Didong berlangsung semalam suntuk, saling berbalas puisi antara kedua grup.(*)

Besok, Festival Budaya Pesona Pesisir Timur Aceh Dibuka di Langsa, Dimeriahkan Pasukan Berkuda

Ini Upaya Dinas Pertanian dan Pangan Abdya Atasi Kosongnya Pupuk Subsidi

Sama seperti Messi dan Neymar, Ronaldo Punya Alasan Marah Usai Diganti

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved