Berita Aceh Besar

Usaha Jamur Tiram untuk Para Korban Tsunami

Pagi itu, matahari belum menanjak naik, tangan legam Burhanuddin (38) sudah tampak cekatan memetik jamur dari cetakannya dan memasukkan ke dalam...

Usaha Jamur Tiram untuk Para Korban Tsunami
SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NASIR
Burhanuddin saat memetik jamur di tempat usahanya. 

Usaha Jamur Tiram untuk Para Korban Tsunami

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Pagi itu, matahari belum menanjak naik, tangan legam Burhanuddin (38) sudah tampak cekatan memetik jamur dari cetakannya dan memasukkan ke dalam kantong plastik transparan. Sesekali ia tampak menyeka keringat di keningnya.

Di dalam bangunan berdinding pelepah rumbia seukuran 15x10 meter itu, ada puluhan rak berisi baglog yang tersusun rapi sebagai tempat budidaya jamur tiram. Sebagian tampak sudah kosong karena jamurnya baru saja selesai dipanen.

Jamur yang sudah dimasukkan ke dalam kantong plastik itu diambil oleh pengepul, untuk selanjutnya dijual ke pasar tradisional di Banda Aceh. Bahkan kadang-kadang Burhanuddin masih harus memetik lagi, jika ada pelanggan yang singgah ke tempat usahanya untuk membeli.

Usai memanen jamur, pekerjaan Burhanuddin tak langsung selesai. Ia langsung lanjut bekerja mengaduk sekam di bangunan kayu lainnya di sisi rumahnya. Sekam padi itu menjadi salah satu bahan untuk membuat balok-balok kecil sebagai tempat tumbuhnya jamur tiram.

Burhanuddin merupakan ketua kelompok tani usaha jamur tiram. Ia membangun usaha itu bersama sejumlah ibu-ibu di desanya, yang sebagian merupakan janda.

Usahanya jamur tiram itu mulai bangkit dan mampu memenuhi kebutuhan pasar semenjak dibantu oleh PT Pertamina melalui program CSRnya. Usaha itu berada di Desa Lamreh, Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Desa Lamreh sempat rata dengan tanah diluluhlantahkan bencana tsunami pada akhir 2004 lalu. Tak ada yang tersisa, semua rumah warga, lahan pertanian, hingga tambak ikan hancur. Bahkan puluhan warga desa menjadi korban dalam bencana maha dahsyat tersebut.

Keluarga Burhanuddin dan ibu-ibu pekerja di usaha jamur tiram itu merupakan para korban tsunami yang berhasil selamat. Banyak sanak keluarga mereka yang hilang dalam bencana dahsyat itu.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved