Akreditasi

Pecahkan Rekor, Puskesmas Langsa Kota Raih Akreditasi Tertinggi Tingkat Paripurna dari Kemenkes RI

Sisi lain yang ikut mendongkrak nilai nadinya, diukur dalam segi pengembangan inovasi baru serta pola penanganan pemecahan masalah kesehatan di tengah

SERAMBINEWS/Foto Puskesmas Langsa Kota.
Kadiskes Langsa, dr Herman, Kapuskesmas Langsa Kota, dr M Yusuf Akbar, dan petugas puskesmas berfoto bersama setelah penilaian team surveor Kemenkes RI, berapa waktu lalu. 

Laporan Zubir I Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Langsa Kota berhasil meraih Akreditasi Paripurna (peringkat tertinggi) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Kepala Puskesmas Langsa Kota, dr M Yusuf Akbar, kepada Serambinews.com, Senin (18/11/2019) mengatakan, keberhasilan meraih akreditasi peringkat paripurna di tahun 2019 ini, adalah hasil reakreditasi tiga tahun terhadap kegiatan pelayanan dan inovasi kesehatan masyarakat secara nasional.

Jaringan Internet Lelet, Pendaftaran CPNS di Bener Meriah Terganggu

Mobil Dinas SKPA Rp 100 M, Fraksi PAN: Mereka Inginkan Penampilan Mewah, Bukan Melayani Rakyat

Warga Bener Meriah-Aceh Tengah Disediakan Rumah Singgah di Banda Aceh, Tempat Inap Kontingen FASI

"Peringkat Paripurna yang diperoeh Puskesmas Langsa Kota, sesuai surat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Komisi Akreditas Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama," ujarnya

Akbar menambahkan, keberhasilan mencapai lompatan pada peringkat jenjang tertinggi di Aceh ini, berkat kerja keras petugas Puskesmas secara internal dan lintas sektoral lainnya.

Hal ini juga tidak terlepas dari binaan langsung Wali Kota Langsa Usman Abdullah SE yang senantiasa melakan Inspeksi dadakan (sidak) ke puskesmas selama ini.

Sebelumnya, jelas Akbar, Puskesmas Langsa Kota pada penilaian perdana oleh tim surveyor 2016 lalu, langsung meraih peringkat Madya (bukan kelas dasar).

Alhamdulillah, hasil reakreditasi yang dilakukan team surveyor nasional kali ini, status predikat Puskesmas Langsa Kota ini langsung terdongkrak ke jenjang tertinggi yaitu Peringkat Paripurna.

"Artinya statusnya tidak mengikuti jenjang berurut dari status strata dasar, madya, utama dan paripurna. Melainkan terpelanting langsung ke peringkat paling tinggi, yaitu jenjang Paripurna," sebutnya

Dikatakan Akbar, menurut tim surveyor, angka tinggi yang dicapai Puskesmas Langsa Kota ini termasuk kategori pemecah rekor untuk provinsi Aceh tiga tahunan ini.

Lompatan-lompatan capaian ini tidak lain, berkat keseriusan, kesungguhan, keikhlasan dan kerja keras semua personal pada setiap lini tanpa kecuali.

Semua saling terkait dalam pelayanan rawat jalan, rawat inap, juga pengaruh hubungan lintas sektoral, kepekaan dan tanggapnya terhadap setiap persoalan kesehatan yang mencuat di lingkungannya.

Sisi lain yang ikut mendongkrak nilai nadinya, diukur dalam segi pengembangan inovasi baru serta pola penanganan pemecahan masalah kesehatan di tengah kehidupan masyarakat, permasalahan kesehatan lingkungan berbasis ekosistem.

Serta, higienistis itu sendiri dan survey mawas diri (SMD), hingga penyuluhan ke pola cuci tangan di lingkungan sekolahan, dan pelayanan ke balai pengajian, hingga pelacakan kasus penyakit lainnya.(*)

Penulis: Zubir
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved