Breaking News:

Gadai Sertifikat Tanah Bagi Petani dan UMKM  

Bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) modal merupakan hal utama yang dibutuhkan untuk menjalankan usahanya

Gadai Sertifikat Tanah Bagi Petani dan UMKM   
IST
Pemimpin Cabang Pegadaian Syariah Blangpidie, Zefri Andika Siagian S

BANDA ACEH - Bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) modal merupakan hal utama yang dibutuhkan untuk menjalankan usahanya, tak jarang sebagian orang ada yang mengambil pinjaman ataupun menggadaikan harta yang dimiliki. Satu diantara harta yang juga dapat dijadikan agunan untuk digadai saat ini adalah tanah, sehingga melalui produk unggulan dari PT Pegadaian Syariah (Persero) yaitu Rahn Tasjily Tanah dapat menjadi solusi permodalan bagi pelaku usaha serta petani untuk mengembangkan usahanya.

Rahn Tasjily Tanah ataugadai sertifikat tanah merupakan fitur layanan rahn (gadai syariah) yang jaminannya berupa bukti kepemilikan tanah atau sertifikat tanah. Vice President PT Pegadaian Syariah (Persero) Area Aceh, Ferry Hariawan menyampaikan produk ini memberikan

kemudahan bagi pelaku usaha  yang membutuhkan modal untuk usahanya. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki produk Rahn Tasjily Tanah antaranya tersedia di outlet Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia.

Kondisi ini ditambah dengankenyataan Pegadaian Syariah adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sehingga kredibilitasnya terjamin. Pinjaman yang diberikan kompetitif mulai Rp 1 juta sampai Rp 200 juta.

Ferry menambahkan saat iniPegadaian sedang menggelar program Badai Emas tahap kedua yang berlangsung sejak 15 Agustus hingga 8 Desember 2019 dengan total hadiah senilai Rp 14 miliar. Dalam program ini nasabah berkesempatan mendapatkan sejumlah hadiah baik secara langsung maupun undian dengan melakukan transaksi gadai di masing-masing kantor Pegadaian.

Bagi nasabah yang melakukan transaksi gadai dengan minimal uang pinjaman Rp 500 ribu maka akan mendapatkan satu kupon, berlaku kelipatan yang akan diundi secara nasional dan bisa berkesempatan memperoleh hadiah utama berupa satu unit rumah senilai Rp 1,2 miliar.

Kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan oleh nasabah yang melakukan pinjaman melalui poduk Rahn Tasjily Tanah. “Kupon-kupon tersebut nantinya akan diundi secara nasional. Nasabah juga berkesempatan memperoleh hadiah mingguan yang diundi tiap seminggu sekali, dan hadiah grand prize yang akan diundi pada akhir bulan Desember 2019,” kata Fery.

Ia menjelaskan untuk hadiah mingguan masing-masing nasabah yang beruntung sebanyak 370 orang berkesempatan mendapatkan tabungan emas sebesar 1,945 gram. Hadiah mingguan ini akan diundi melalui siaran live di akun Instagram @sahabatpegadaian tiap Kamis pukul 15.00 WIB.

Sementara Pemimpin Cabang Pegadaian Syariah Blang Pidie, Zefri Andika Siagian SE menambahkan Rahn Tasjily Tanah selain memberikan pinjaman kepada pelaku usaha mikro dan petani, juga diberikan kepada karyawan, maupun pensiunan dengan anggunan sertifikat tanah atau bangunan. “Rahn Tasjily ini menjadi solusi bagi pelaku usaha saat memerlukan dana tambahan modal, baik untuk pengembangan usaha maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya,” katanya.

Ia menyebutkan dengan tarif, jangka waktu, dan proses pengajuan yang mudah dan terjangkau, Rahn Tasjily Tanah ini juga difasilitasi dengan tiga pola angsuran yg manarik yaitu reguler (perbulan), fleksi (sekali bayar) dan berkala (bayar pertahap), sehingga menjadikan Rahn Tasjily Tanah ini menjadi salah satu produk yang unggul dan sangat diminati oleh konsumen.

“Hal itu itu terbukti dari banyaknya pengajuan berkas yang diajukan oleh konsumen ke Pegadaian Syariah. Maka dengan Rahn Tasjily Tanah ini semoga kelak berpotensi besar untuk membantu mensejahterahkan masyarakat Imdonesia dengan cara yang syariah dan berkah,” kata Zefri.

Beberapa syarat dan ketentuan yang harus disiapkan dalam rangka pengajuan pembiayaan Rahn Tasjily Tanah, yaitu foto copy KTP atau identitas resmi lainnya, menyerahkan sertifikat tanah dengan status hak milik, menyerahkan IMB jika diatasnya terdapat bangunan, dan foto copy pembayaran PBB terakhir. (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved